(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Penguatan Kelembagaan Petani Kelapa Melalui Dinamika Kelompok

17 Oktober 2019 Admin Website Berita Daerah 2503
Penguatan Kelembagaan Petani Kelapa Melalui Dinamika Kelompok

PENAJAM. Dalam upaya penguatan kelembagaan petani khususnya petani pekebun, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melaksanakan kegiatan DInamika Kelompok yang melibatkan petani kelapa  di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kepala Dinas Perkebunan diwakili Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Bambang Fajrul Fallah mengatakan kegiatan ini dilakukan karena pada umumnya permasalahan manajemen pengelolaan kelompok tani (poktan) yang kurang baik dan tidak tepat sasaran.

“Dinamika Kelompok merupakan salah satu upaya kami dalam hal penguatan kelembagaan. Selama ini banyak poktan hanya berdasarkan kegiatan swadaya masyarakat saja, namun dengan pembinaan yang dilakukan sehingga poktan tersebut akan bisa lebih maju,” ungkap Bambang, saat ditemui di kantor Dinas Perkebunan, Samarinda, Selasa (16/10) kemarin.

Pada tahap ini, Bambang menerangkan, Disbun memfokuskan kegiatan pada Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan/Dinamika Kelompok yang diikuti sebanyak 12 orang peserta dari kelompok tani Pada Idi di Kampung Baru, Penajam, PPU.

"Dengan adanya kegiatan dinamika kelompok ini, diharapkan kelompok tani tersebut akan semakin kuat dan berkembang. Wawasan pemahaman dan penghayatannya dalam hal pengelolaan kelompok tani melalui sistem kebersamaan ekonomi berdasarkan manajemen kemitraan," ungkap Bambang lagi.

Ditambahkan, kegiatan didanai melalui APBD Kaltim tahun 2019, yakni kegiatan perluasan kelapa seluas 20 hektar, dimana telah disalurkan bantuan berupa bibit kelapa sebanyak 2000 batang, pupuk NPK sebanyak 2000 kilogram dan 100 liter herbisida. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN KOMODITI

Artikel Terkait