(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Kalimantan Timur Miliki Kebun Sumber Benih Aren Genjah

12 Juli 2024 PPID Berita Daerah 15
Kalimantan Timur Miliki Kebun Sumber Benih Aren Genjah

MUARA BADAK. Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengawasan Benih Perkebunan (UPTD PBP) Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur telah melaksanakan Penilaian dan Penetapan Kebun Sumber Benih Aren Genjah Kutim di Desa Badak Mekar, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara pada Kamis, 11 Juli 2024 kemarin.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk mendapatkan ketersediaan benih unggul guna pengembangan varietas Aren Genjah Kutim di wilayah Kalimantan Timur.

Penilaian dan penetapan Kebun Sumber Benih ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari unsur Pemulia Aren (BRIN), Ditjenbun, BBPPTP Medan, Pengawas Benih Tanaman Provinsi Kaltim dan Disbun Kabupaten Kukar.

Hasil pemeriksaan administrasi dan pengamatan lapangan menunjukkan bahwa kebun seluas 2 hektar ini terdapat 15 Pohon Induk Terpilih (PIT) yang layak.

Taksasi benih pada saat penetapan mencapai 1.853.360 butir, dengan usia tanaman sekitar 9 tahun sejak ditanam pada tahun 2015.

"Dengan hasil penilaian yang memuaskan, Kebun Sumber Benih Aren Genjah Kutim diharapkan dapat menjadi pusat pengembangan benih berkualitas, mendukung pertumbuhan sektor perkebunan Aren di Kalimantan Timur," ujar Rini. (Disbun/Prb/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait