Disbun Tuan Rumah Penyelenggara 3 Pertemuan Nasional
17 September 2012 Admin Website Artikel 309

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara 3 pertemuan tingkat nasional, yaitu Sosialisasi ISPO Regional Kalimantan, Pertemuan Perkembangan Pembangunan Kelapa Sawit dan Karet serta Lahan dan Pertemuan Implementasi Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI), yang rencananya akan digelar di Balikpapan, Senin (17/9) malam hingga Rabu (19/9) mendatang.

Kepala Disbun Kaltim, Ir. Etnawati, M.Si mengatakan pihaknya telah siap menyelenggarakan ketiga pertemuan tingkat nasional tersebut dengan melibatkan bidang teknis, yaitu Bidang Perlindungan menangani Sosialisasi ISPO Regional Kalimantan, Bidang Pengembangan menangani Pertemuan Perkembangan Pembangunan Kelapa Sawit dan Karet serta Lahan dan Bidang Usaha menangani Pertemuan Implementasi Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI).

"Kami siap menyelenggarakan ketiga pertemuan tingkat nasional tersebut, yang akan ditangani langsung oleh bidang teknis sesuai tupoksinya masing-masing di Balikpapan nanti malam", kata Etnawati.

Menurutnya penerapan ISPO bagi usaha perkebunan merupakan salah satu prasyarat untuk mewujudkan perkebunan berkelanjutan yang mensinergikan aspek ekonomi, sosial budidaya dan ekologi. Program ini merupakan upaya untuk mewujudkan standar pelestarian lingkungan pada industri kelapa sawit.

Selain itu, lanjutnya, peran komoditi perkebunan dalam program MP3EI, sesuai dengan keunggulannya, maka ditetapkan 3 (tiga) koridor investasi yaitu Koridor Ekonomi Sumatera (kelapa sawit dan karet), Koridor Ekonomi Kalimantan (kelapa sawit dan karet) dan Koridor Ekonomi Sulawesi (Kakao).

Sesuai dengan strategi yang ditetapkan, maka fungsi fasilitasi terhadap komoditi perkebunan ditujukan terutama untuk meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu tanaman perkebunan serta peran komoditi perkebunan dalam pembangunan nasional.

"Dalam kegiatan ini kami berupaya untuk menyamakan persepsi antar instansi terkait baik di tingkat pusat maupun daerah khususnya dalam upaya strategis pengembangan perkebunan kelapa sawit dan karet dalam mendukung MP3EI di Kaltim", kata Etnawati.

Dijelaskan, hingga Agustus 2012 target penanaman satu juta hektar sawit di seluruh Kaltim telah terealisasi sebanyak 866.226 hektar. Sehingga sisa 133.774 hektar optimistis dapat dituntaskan hingga tahun 2013. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait