Tingkatkan Semangat dan Motivasi Petani
08 April 2012 Admin Website Artikel 331
SAMARINDA. Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltim melakukan kegiatan kunjungan kerja (roadshow) ke beberapa daerah kabupaten dan kota di Kaltim, diantaranya Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang, awal April lalu.

"Dalam upaya meningkatkan semangat dan motivasi para petani dan nelayan dalam kegiatan pertanian sekaligus memecahkan permasalahannya di daerah, maka KTNA Kaltim melakukan kunjungan secara bertahap ke kabupaten dan kota di Kaltim dan untuk tahap awal ini dilakukan ke Kabupaten Kutai Timur dan Bontang," kata Ketua KTNA Kaltim Andi Abdulah, didampingi Ketua Tim Roadshow Ir Abdon Sitanggang.

Roadshow juga dilakukan untuk mensosalisasikan rencana pembentukkan BUMPN (Badan Usaha Milik Petani dan Nelayan) di daerah masing-masing serta mensosalisasikan pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) ke XIV pada 2014 di Jawa Timur.

Menurut dia, Kaltim memiliki potensi kewilayahan yang sangat luar biasa, bahkan untuk kegiatan agraris sangat potensial untuk dikembangkan guna memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri atau berswasembada.
Bahkan lanjutnya, dengan kekayaan akan sumberdaya alam tersebut, maka Kaltim dapat menjadi menjadi salah satu daerah yang dapat menjadi pemasok pangan nasional terlebih untuk memenuhi kebutuhan dunia yang sedang dilanda krisis pangan dan energi.

Predikat Kaltim yang menjadi salah satu provinsi kaya akan sumberdaya alam dan energi, khususnya tambang tidak mungkin bisa dipertahankan hanya dengan mengandalkan pendapatan dari sumber energi tak terbarukan karena komoditi ini akan habis dalam waktu tertentu.

Karena itu diperlukan sektor pengganti dan sektor pertanian menjadi prioritas yang menjadi tumpuan pemenuhan hajat konsumsi hidup manusia.

"Sektor pertanian kini telah menjadi alternatif yang menjanjikan untuk menghasilkan sumber energi terbarukan. Semua potensi ini sudah waktunya mendapat perhatian dan menjadi prioritas para eksekutif dan jajarannya termasuk legeslatif untuk mendukungnya dalam melaksanakan program-program tersebut," ujar Andi Abdulah.

Selain itu, KTNA Kaltim sebagai salah satu piooner pembangunan pertanian Kaltim terus berupaya untuk melakukan koordinasi dan sinergitas para pelaku pertanian lintas daerah di kabupaten dan kota, sehingga program prioritas pembangunan ini dapat terwujud.

Kegiatan roadshow KTNA Kaltim akan dilaksanakan di 14 kabupaten dan kota se-Kaltim. Tim roadshow terdiri dari jajaran UPTB Bapeltan Sempaja, Dinas Perternakan Kaltim, Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim, Dinas Kehutanan Kaltim dan Dinas Perkebunan Kaltim serta Anggota Komisi III DPRD Kaltim Andarias P. Sirenden.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait