2009, Dua Perusahaan Bangun Pabrik CPO
28 Oktober 2008 Admin Website Artikel 340
#img1# Bupati Bulungan H Budiman Arifin mengungkapkan, dua perusahaan yang akan memulai pembangunan pabrik CPO pada 2009 ini, adalah PT Sanggam Kahuripan Indonesia (SHI) yang berlokasi di Kecamatan Tanjung Palas Tengah dan PT Sanjung Makmur di Kecamatan Sekatak.

?Untuk sementara informasinya baru dua yang akan memulai pembangunan pabrik. Yaitu PT SHI dan PT Sanjung Makmur. Yang lainnya masih belum,? kata Budiman yang ditemui wartawan usai melakukan penanaman perdana kebun sawit Plasma di Sekatak, belum lama ini.

Dikatakan, dari dua puluhan perusahaan yang akan membuka perkebunan kelapa sawit di Bulungan, baru sekitar 10 perusahaan yang sudah memulai kegiatan. Seperti pembersihan lahan (land clearing), pembibitan maupun penanaman. Sementara sepuluh perusahaan lainnya, kata dia, sementara ini masih menyelesaikan pengurusan perizinan.

Bupati mengatakan, sesuai data wilayah Bulungan memiliki kawasan budidaya non- kehutanan (KBNK) yang berpotensi untuk perkebunan seluas kurang lebih 400.000 hektare. Sementara ini yang sudah dikelola oleh perusahaan maupun masih dalam proses perizinan seluas sekira 300.000 hektare. "Baru ada 10-an perusahaan yang sudah mulai jalan. Luasannya beda-beda, ada yang sudah mulai tanam 2.000 hektare, ada pula yang baru mulai pembibitan. Harapan kita, bagi yang belum melakukan penanaman secepatnya bisa segera melaksanakannya," ujarnya.

Terkait dengan kebun plasma, bupati juga berharap kepada perusahaan yang belum membuka areal perkebunan plasma untuk segera melakukannya. Untuk diketahui, sampai saat ini baru 1 perusahaan yang sudah melakukan penanaman perdana untuk kebun plasma, yaitu PT Sanjung Makmur.

Dalam kesempatan itu, bupati juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan selalu memantau kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di daerah ini. Setiap tiga bulan sekali, katanya, perusahaan diminta untuk melaporkan perkembangan kegiatannya ke pemerintah daerah melalui instansi terkait. "Kalau ada yang melakukan kekeliruan sudah pasti akan kita tegur," tandasnya. Ditegaskan pula, kepada seluruh perusahaan untuk selalu memperhatikan kelestarian lingkungan.

Mengenai rencana pembangunan pabrik CPO, secara terpisah dibenarkan oleh Direktur PT Sanjung Makmur Tigor Nainggolan. Menurutnya, perusahaan telah merencanakan untuk membangun pabrik mulai 2009 mendatang. "Kalau 2009 mulai dibangun, harapan 2010 sudah mulai operasi," kata Tigor.

Pabrik yang akan dibangun ini, untuk tahap awal akan mampu mengoleh kelapa sawit 30 ton per jam. "Prakiraan kami 2009 nanti sudah mulai panen, tapi untuk tahap awal pengolahannya bukan di pabrik sendiri. Nanti setelah pabrik jadi (2010) baru dikelola di sini," katanya. Kapasitas pabrik secara bertahap akan terus bertambah, mulai dari 30 ton per jam, ke 60 ton per jam hingga 90 ton per jam. "Disesuaikan dengan produksi kebunnya," imbuh Tigor.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SELASA, 28 OKTOBER 2008

Artikel Terkait