Gunakan Browser Google Crome untuk menghindari kegagalan saat mengunduh file !!

SI BUNDA PELIT ONLINE

Upaya meningkatkan kualitas dan perbaikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya mengelola dan menyediakan data dan informasi yang valid, akurat dan obyektif menjadi salah satu isu strategis dalam pembangunan perkebunan berkelanjutan di Kalimantan Timur.

Melalui inovasi sistem informasi perkebunan dalam pelayanan informasi publik interaktif secara online (SI BUNDA PELIT ONLINE), Dinas Perkebunan berhasil memaksimalkan penyelenggaraan e-Government secara profesional, efektif dan efisien guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Inovasi ini digagas sebagai sarana peningkatan pelayanan informasi publik kepada masyarakat dinilai sangat efektif dan efisien. Efektif artinya inovasi menjadi media yang tepat sasaran, mudah dan berdaya guna membantu masyarakat dalam memperoleh informasi secara online. Efisien artinya inovasi menjadi media yang mampu memberikan layanan informasi kepada masyarakat secara cepat, murah dan singkat tanpa merepotkan mereka untuk datang langsung ke kantor Dinas Perkebunan.

Sistem ini sangat penting bagi proses memperoleh informasi secara mudah, murah dan cepat. Selama ini, informasi yang disediakan oleh Badan Publik sangat terbatas. Itu pun tersebar hanya untuk kalangan terbatas dan sangat sulit diakses oleh publik. 

Saat ini, sistem sangat terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat dan dapat dengan mudah diakses dalam rangka keterbukaan informasi publik.

Inovasi dilengkapi dengan fasilitas form permohonan online, livechat dan whatsapp web dan aplikasi android agar masyarakat umum dapat berpartisipasi aktif dengan cara berkonsultasi secara online.

H Awang Faroek Ishak, Gubernur Kalimantan Timur periode 2008 – 2018 pernah menganjurkan kepada seluruh SKPD lingkup Pemprov Kaltim menganjurkan pembelajaran langsung mengenai pengelolaan website ke Dinas Perkebunan.

Saat ini, Dinas Perkebunan mendorong di tingkat kabupaten untuk membangun dan meremajakan isi situs websitenya agar mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan informasi publik yang cepat dan akurat.

Inovasi telah berjalan lebih dari 10 tahun. Inovasi ini akan menjadi program berkelanjutan yang mengikuti trend kekinian dan kebutuhan keterbukaan informasi publik serta arus informasi yang dinamis.