(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Petani Sawit Dilatih Tangani Serangan OPT

18 Juni 2015 Admin Website Berita Kedinasan 4405
Petani Sawit Dilatih Tangani Serangan OPT

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan baru – baru ini melaksanakan pelatihan yang diperuntukkan bagi petani kelapa sawit mengenai pengendalian serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) di desa Bukit Seloka kecamatan Long Ikis, Paser.

"Kelapa sawit merupakan komoditi unggulan Kaltim yang banyak memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan petani, namun serangan OPT yang menyerang tanaman tersebut perlu diwaspadai", ungkap Kepala Disbun Kaltim yang diwakili Kepala UPTD P2TP, Ir Supriyadi, M.Si.

Menurutnya, peningkatan luas areal sawit yang besar-besaran perlu diimbangi dengan kewaspadaan, diantaranya kewaspadaan terhadap serangan OPT, karena akibat yang ditimbulkannya sangat besar, mulai dari penurunan produksi sampai dengan kematian tanaman.

"OPT dapat menyerang tanaman mulai dari pembibitan hingga tanaman menghasilkan, oleh karena itu kegiatan perlindungan tanaman menjadi faktor kunci dalam menjamin keberhasilan budidaya tanaman kelapa sawit", ujarnya.

Selanjutnya, peranan pengendalian hama terpadu (PHT) terhadap OPT kelapa sawit diutamakan pada upaya pelestarian dan pemanfaatan musuh alami serta penguatan kondisi tanaman.

Untuk kepentingan ini sangat diperlukan pengenalan mengenai OPT utama kelapa sawit, diantaranya penyakit akar dan busuk pangkal batang serta pelaksanaan pengamatan yang berkesinambungan atas perkembangan populasi dan serangan OPT tersebut, sehingga tindakan pengendalian yang tepat dan aman dapat dilaksanakan lebih dini. (rey/disbun)

SUMBER : UPTD PENGEMBANGAN PERLINDUNGAN TANAMAN PERKEBUNAN

Artikel Terkait