(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Website Disbun Kaltim Masuk 5 Besar Nasional

05 September 2012 Admin Website Artikel 2375

SAMARINDA. Website milik Dinas Perkebunan (Disbun) Kalimantan Timur dengan alamat http://perkebunan.kaltimprov.go.id masuk dalam 5 besar nasional yang diselenggarakan Kementerian Pertanian dalam kategori pelayanan publik secara online tingkat Provinsi.

"Disbun Kaltim telah mampu memberikan pelayanan publik melalui sarana teknologi informasi dengan baik, sehingga tim juri telah memberikan penilaian website milik dinas ini masuk dalam 5 besar yang berarti telah menyisihkan 77 website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari 23 Provinsi seluruh Indonesia," kata  Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Ir. Etnawati, M.Si

Menurut dia, lomba ini telah berlangsung sejak Maret lalu dan ini merupakan ajang kesembilan kalinya yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian.

Pesertanya terdiri dari unit Eselon I dilingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat Provinsi, kabupaten dan kota serta UPTD Pusat Seluruh Indonesia, khususnya satuan kerja yang telah memiliki situs web.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri yang dilakukan tanggal 5 Juli-29 Agustus 2012, telah ditetapkan 5 besar untuk kategori provinsi yang akan mengikuti wawancara lomba, selain Disbun Kaltim adalah Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

"Target 5 besar telah tercapai, ini sekaligus suatu pembuktian bahwa Kalimantan Timur khususnya Disbun mampu bersaing dalam penyelenggaraan teknologi dan informatika dengan Provinsi lainnya," imbuh Etnawati lagi.

Menurutnya lagi, topik wawancara yang rencananya diselenggarakan di Bogor, 11-12 September 2012 mendatang akan membahas mengenai kelembagaan, kebijakan, infrastruktur dan dampak dari penyelenggaraan E-Government di lingkungan Disbun Kaltim.

"Sebagai catatan, sampai dengan 5 besar ini website kami menjadi satu - satunya website SKPD Pertanian Provinsi dari wilayah Indonesia Timur yang masih bertahan di ajang ini. Insya Allah, kami bisa bertahan sampai 3 besar nanti," tambahnya optimis.

Dari hasil wawancara, akan dipilih 3 website SKPD terbaik dari masing - masing kategori yang akan diumumkan pada tanggal 19 September 2012 mendatang, namun peringkatnya baru akan diumumkan pada tanggal 26 September 2012. Kepada para pemenang, penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI, Suswono.

Pada tahun 2005 yang lalu, web Disbun pernah meraih peringkat kedua untuk kategori Dinas Pertanian Provinsi lingkup Kementerian Pertanian. Sedangkan tahun 2009 dan 2010 yang lalu, hanya berhasil masuk 10 besar. Namun, pada 2011, web Disbun kembali meraih juara kedua nasional.


"Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi ke publik. Maka, tahun ini kami menargetkan bisa masuk 3 besar nasional, selain akan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang akan disampaikan ke masyarakat," harap Etnawati. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait