Wawancara Lomba Situs Web Kementerian Pertanian
12 September 2012 Admin Website Artikel 306

BOGOR. Bertempat di Hotel PP University, Cisarua, Bogor telah dilaksanakan wawancara lomba situs web lingkup Kementerian Pertanian yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian selama dua hari, 11-12 September 2012 tadi.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Ir. Etnawati, M.Si mengatakan situs web milik Disbun Kaltim dengan alamat http://perkebunan.kaltimprov.go.id berhasil masuk dalam 5 besar nasional yang diselenggarakan Kementerian Pertanian dalam kategori pelayanan publik secara online tingkat Provinsi.

"Disbun Kaltim telah mampu memberikan pelayanan publik melalui sarana teknologi informasi dengan baik, sehingga tim juri telah memberikan penilaian website milik dinas ini masuk dalam 5 besar yang berarti telah menyisihkan 77 website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari 23 Provinsi seluruh Indonesia," ungkap Etnawati, yang didampingi oleh Kassubag Perencanaan Program, Mahmud Kahfi dan pelaksana pengelola website, Muhammad Reza Pahlevi.

Menurutnya, prosesi wawancara ini diikuti oleh SKPD yang website masuk ke dalam 5 besar setiap kategorinya, yakni unit Eselon I dilingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat Provinsi, kabupaten dan kota serta UPTD Pusat Seluruh Indonesia, khususnya satuan kerja yang telah memiliki situs web.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri yang dilakukan tanggal 5 Juli-29 Agustus 2012 lalu, telah ditetapkan 5 besar untuk kategori provinsi yang akan mengikuti wawancara lomba, selain Disbun Kaltim adalah Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Adapun topik wawancara membahas mengenai kelembagaan, kebijakan, infrastruktur dan dampak dari penyelenggaraan E-Government di lingkungan Disbun Kaltim.

"Dari hasil wawancara ini, ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil, diantaranya adalah konsistensi dalam penerapan kebijakan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang akan disampaikan ke masyarakat sehingga hasil yang diharapkan bisa lebih maksimal," harap Etnawati.

Sementara itu, pihak Pusdatin menghadirkan tim juri dalam wawancara tersebut adalah Ir. Herry Abdul Azis, M.Eng (Direktur e-Government – Kementerian Komunikasi dan Informatika), Mochamad Arief SP, MM (Pinpoint Research dan Database), Andry Chowanda, S.Kom, MM (Universitas Bina Nusantara), Gladhi Guarddin, S.Kom, M.Kom (Universitas Indonesia) dan Yulianto (Wartawan Warta Ekonomi).

Dari hasil wawancara, akan dipilih 3 website SKPD terbaik dari masing - masing kategori yang akan diumumkan pada tanggal 19 September 2012 mendatang, namun peringkatnya baru akan diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2012. Kepada para pemenang, penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI, Suswono.

Ditambahkannya, tahun 2005 yang lalu, web Disbun pernah meraih peringkat kedua untuk kategori Dinas Pertanian Provinsi lingkup Kementerian Pertanian. Sedangkan tahun 2009 dan 2010 yang lalu, hanya berhasil masuk 10 besar. Namun, pada 2011, web Disbun kembali meraih juara kedua nasional. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait