Wawancara 5 Besar Lomba Website Kementerian Pertanian 2017
01 November 2017 Admin Website Berita Kedinasan 307
Wawancara 5 Besar Lomba Website Kementerian Pertanian 2017

BOGOR. Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan pihaknya saat ini berupaya dalam memaksimalkan layanan kepada publik melalui media website guna memudahkan masyarakat petani dan pekebun dalam memperoleh informasi perkembangan pembangunan perkebunan, khususnya di wilayah Kaltim.

Hal tersebut disampaikan Ujang pada proses wawancara lomba situs web Kementerian Pertanian Tahun 2017, yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian, bertempat di Hotel Arch, Bogor, Senin (30/10) kemarin.

Menurutnya, prosesi wawancara ini diikuti oleh unit yang websitenya masuk ke dalam 5 besar setiap kategorinya, yakni unit Eselon I dilingkup Kementerian Pertanian, OPD Pertanian tingkat Provinsi, kabupaten dan kota serta UPTD Pusat Seluruh Indonesia, khususnya satuan kerja yang telah memiliki situs web.

Adapun berdasarkan hasil penilaian, telah ditetapkan 5 besar untuk kategori provinsi yang mengikuti wawancara lomba, diikuti oleh Dinas Pangan Riau, Badan ketahanan Pangan dan Penyuluhan DI Yogyakarta, Dinas Perkebunan Kaltim, Dinas Perkebunan Jabar dan Dinas Pertanian dan Hortikultura Jabar.

Topik wawancara membahas mengenai kelembagaan, kebijakan, infrastruktur dan dampak dari penyelenggaraan E-Government di masing – masing OPD dengan menghadirkan tim juri dalam wawancara yang terdiri dari beberapa elemen yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Himpunan Informatika Pertanian Indonesia, Praktisi IT, Forum Wartawan Pertanian, Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara.

"Dari hasil wawancara, akan dipilih 3 website OPD terbaik dari masing - masing kategori yang akan diumumkan peringkatnya pada akhir November mendatang. Kepada para pemenang, penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI, H. Andi Amran Sulaiman," ungkap Ujang.

Ditambahkan, saat ini Disbun Kaltim mengembangkan beberapa aplikasi pendukung layanan publik berupa sistem informasi geospasial berbasis web, SP2BKS online dan sistem informasi pelaporan kebun (SIP-Kebun). (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait