Warga Pemrotes Perusahaan Sawit Bertahan di Tenda
07 Januari 2010 Admin Website Artikel 323
#img1# Forum berdemonstrasi sejak Selasa. Forum menuntut izin perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Teguh Swakarsa Sejahtera dan PT Farinda Bersaudara di Kecamatan Jempang dan Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat, dicabut karena dinilai cacat hukum dan mengakibatkan petani tergusur.

"Kami bertekad tidak akan pergi sampai tuntutan kami dipenuhi," kata Ketua Forum Pemerhati Masyarakat Tani Jempang dan Bongan, Naratim di Samarinda. Warga menilai hak guna usaha (HGU) yang dimiliki perusahaan terbit sebelum keluarnya analisis mengenai dampak lingkungan sehingga menyalahi aturan.

Selain itu, keberadaan dua perusahaan dalam naungan Grup TSS itu membuat lahan garapan petani tergusur sehingga warga kehilangan mata pencarian. Forum meminta perusahaan tidak melanjutkan aktivitas apapun sampai masalah dengan warga terselesaikan.

Di hari kedua aksi itu, para pengunjuk rasa bernaung di bawah tenda plastik biru dengan ditemani alunan musik dari pelantang suara. Mereka memenuhi sendiri kebutuhan makanan dan minuman dengan cara membelinya dari pasar terdekat.

DIKUTIP DARI KOMPAS, RABU, 6 JANUARI 2010

Artikel Terkait