Warga Nikmati Keberhasilan Revitalisasi Perkebunan
27 Maret 2008 Admin Website Artikel 387
"Semua itu merupakan salah satu keberhasilan Pak Bupati Awang Faroek Ishak selama memimpin Kutim. Jika program ini dibawa ke skala yang lebih besar, saya yakin akan lebih banyak lagi masyarakat yang ikut menikmatinya," kata Kebing, salah seorang warga Desa Muara Pantun, Kecamatan Telen.

Kebing menuturkan, keberadaan perusahaan perkebunan kelapa sawit di desanya sudah makin dirasakan masyarakat. Ini merupakan program Bupati Kutim H Awang Faroek Ishak sejak memimpin Kutim pertama beberapa tahun silam dan sudah berhasil serta bisa dirasakan masyarakat.

"Kalau kebun plasma sawit sudah berhasil, tentunya kesejahteraan masyarakat makin lebih baik lagi di masa mendatang. Kita yakin dan optimis, dengan program kerjasama pola kemitraan yang merupakan kebijakan Pemkab Kutim, akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," lanjutnya.

Bukan itu saja. pertumbuhan ekonomi masyarakat ini akibat kepedulian perusahaan merekrut tenaga kerja local. Sehingga warga sebagian besar bekerja di kebun sawit dan mampu menambah penghasilan. Dengan demikian mampu membeli sepeda motor bagi warga itu sendiri.

Apabila perkebunan kelapa sawit plasma yang bekerjasama dengan perusahaan, ia semakin yakin dan optimis penghasilan masyarakat semakin membaik. Sebab, masyarakat memiliki hasil kebun sendiri, selain menjadi pekerja di perusahaan perkebunan yang saat ini sudah semakin berkembang.

Kebijakan Pemkab Kutim untuk memberlakukan kerjasama pola kemitraan antara koperasi masyarakat dengan perusahaan sangat menguntungkan warga. "Kami mendambakan pemimpin seperti Pak Awang, sehingga masyarakat menjadi lebih sejahtera. Kami juga berharap, program seperti itu bisa dikembangkan yang lebih besar lagi, jika beliau benar-benar menjadi gubernur Kaltim di masa mendatang," kata Kebing.

Dengan keberadaan perkebunan kelapa sawit yang semakin membaik, diharapkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kutim juga mengalami hal yang sama. Keberadaan perusahaan sawit memang membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi warga sekitarnya menjadi lebih baik.

DIKUTIP DARI KALTIMPOST, SELASA, 25 MARET 2008

Artikel Terkait