Warga Kandolo Bergairah Tanam Sawit
09 Agustus 2014 Admin Website Berita Daerah 436
Warga Kandolo Bergairah Tanam Sawit

SANGATTA. Sejumlah warga petani di dusun Kandolo Kecamatan Teluk Pandan, Kutai Timur mengaku semakin semangat menanam kelapa sawit di lahan kebun masing – masing.

“Saya sudah memiliki tiga hektar kebun sawit yang telah berproduksi dan tiap minggu panen 9 ton, tapi saya masih menambah luas sawit,” kata Haji Rustam, 47 tahun, warga Dusun Kandolo beberapa waktu lalu.

Dikatakan, dengan berat 9 ton tandan buah segar (TBS) bisa menghasilkan penjualan sebesar Rp 11.250.000 dimana setiap kilogram (kg) dibeli penadah sawit sebesar Rp. 1.250 per kilogramnya.

Sekarang harga TBS lagi membaik hingga Rp.1.250 perkilogram, padahal biasanya dibawah Rp1000. Itulah makanya warga semakin semangat menanam karena prospeknya bagus.

“Warga kandolo rata-rata memiliki kebun sawit yang sudah berproduksi dengan penghasilan jutaan rupiah per bulan. Meskipun demikian, masih ingin menambah tanaman di kebun masing-masing,” jelas Haji Rustam lagi.

Hal serupa juga dialami oleh Abu Fatah, 62 tahun, yang sehari-harinya bertani.

Menurut Abu Fatah, kebun sawit miliknya awalnya hanya coba-coba karena ikut-ikutan melihat warga lainnya. Namun sekarang hasil coba-cobanya telah dinikmati bersama istri dan anak-anaknya.

“Kami warga Kandolo sekarang masih menambah menanam bibit sawit, sebab ternyata kebun sawit lebih baik hasilnya daripada hasil seperti pisang dan coklat,” katanya.

DIKUTIP DARI ANTARA KALTIM, RABU, 30 JULI 2014


Artikel Terkait