Warga Belengkong Bakal Punya Kebun Sawit
29 Juni 2009 Admin Website Artikel 386
#img1# Yang sulit, kalau pemerintah punya program tapi lahan tidak ada. Kepala Desa Paser Belengkong Abdul Rauf memberikan jaminan bahwa ada lahan seluas 800 hektare yang sudah disediakan dan siap untuk dijadikan kebun plasma. Itu berarti setiap KK akan mendapatkan 2 hektare kebun plasma.

Rauf menyampaikan bahwa lahan yang tersedia adalah perluasan PTPN XIII Kebun Tajati seluas 2000 hektare, di mana kebun inti 1200 hektare dan plasma 800 hektare. "Kami ingin yang 800 hektare itu untuk masyarakat petani, supaya mereka juga memiliki kebun," ujar Rauf.

"Pak bupati, kami para petani juga ingin kebun sawit seperti pegawai yang disediakan di daerah Petangis, sehingga ketika kami bangun pagi ada juga yang kami dipikirkan," kata Rauf kepada Bupati Paser Ridwan Suwidi.

Di lain pihak IG Putu Suantara, kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan meminta penjelasan dari Kepala Desa mengenai komitmen perusahaan untuk mengizinkan warga memiliki kebun plasma. "Harus ada jaminan dulu dari perusahaan baru kepala desa memberikan rekomendasi," tegas Putu.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 29 JUNI 2009

Artikel Terkait