Toko Kebun Kaltim Raih Juara Kedua Lomba Inovasi Pepes Ikan Peda
14 Desember 2022 Admin Website Berita Daerah 187
Toko Kebun Kaltim Raih Juara Kedua Lomba Inovasi Pepes Ikan Peda

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim meraih penghargaan melalui inovasi Toko Kebun Kaltim pada Lomba Penjaringan Perangkat daerah Berinovasi Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda).

Kepala Dinas Perkebunan , Ujang Rachmad mengatakan tim penilai Balitbangda Kaltim melakukan penjaringan terhadap inovasi yang dikembangkan oleh seluruh OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, dimana telah dipilih 10 OPD yang akan diusulkan sebagai nominasi Perangkat Daerah Berinovasi Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat.

“ Alhamdulillah, melalui inovasi Toko Kebun, Dinas Perkebunan meraih pemenang kedua pada kegiatan tersebut,” ungkapnya sesaat setelah menerima penghargaan yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (14/12) pagi tadi.

Ujang menuturkan, adapun Perangkat Daerah yang masuk 6 besar terbaik adalah Peringkat Terbaik Pertama diraih oleh Bapenda Kaltim melalui inovasi E-Samsat Dalam Genggaman Bhabinkamtibmas dan peringkat kedua terbaik diraih oleh Dinas Perkebunan melalui inovasi Toko Kebun Kaltim.

Selanjutnya, peringkat ketiga terbaik diraih oleh RSUD DR Kanujoso Djatiwibowo melalui Si Dokter, dan peringkat keempat terbaik diraih oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura dengan inovasi Simbaintan.

Sedangkan, peringkat kelima terbaik diraih oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Daerah dengan inovasi SAHO dan peringkat keenam diraih oleh RSUD Abdul Wahab Sjahranie dengan inovasi Si Kadi Membara.

Diterangkan, Toko Kebun Kaltim merupakan inovasi yang diinisiasi oleh Marinda Asih Ramadhaniah selaku Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran pada tahun 2022, dimana inovasi ini dirancang untuk memfasilitasi pekebun/pelaku usaha sektor perkebunan dalam mempromosikan dan memperluas jaringan dan akses pemasaran serta mempermudah layanan dalam bentuk jual beli produk olahan perkebunan dengan menggunakan teknologi sosial media dan e-commerce dengan menggandeng tokopedia sebagai mitra dengan url https://www.tokokepedia/tokokebunkaltim.

Melalui inovasi ini juga Dinas Perkebunan merangkul industri perhotelan dan swalayan serta beberapa OPD dalam upaya proses pemasaran produk olahan perkebunan yang telah dikembangkan. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait