(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Tingkatkan Pengetahuan Petani Melalui Bimtek Pasca Panen Kakao

24 Juli 2023 PPID Berita Daerah 976
Tingkatkan Pengetahuan Petani Melalui Bimtek Pasca Panen Kakao

TANJUNG REDEB. Kemampuan petani dalam meningkatkan mutu dan produksi terus dilakukan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, salah satunya dengan mengadakan bimbingan teknis pasca panen kakao, pada Kamis (20/07) lalu di Kantor Dinas Perkebunan Kab. Berau.

Biji kakao merupakan salah satu komoditas pertanian yang berperan penting bagi perekonomian negara dan sumber pendapatan petani.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ahmad Muzakkir mengatakan Kakao di Kaltim merupakan unggulan ketiga setelah kelapa sawit dan karet.

Muzakkir mengakui permasalahan kakao sampai saat ini mutu masih rendah. Hal ini menurut dia, kurangnya pemeliharaan tanaman dan penanganan pasca panen kakao secara baik dan benar, sehingga kakao tercampur dengan benda-benda asing lainnya.

Untuk meningkatkan produksi Kakao, maka digelarnya bimbingan teknis pasca panen kakao. Sasaran dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan mengenai teknik pasca panen biji kakao yang baik dan benar.

"Serta mempelajari strategi pengembangan kelembagaan petani,"ungkapnya.

Selain itu, dengan Bimbingan teknis ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan peserta dalam pasca panen kakao serta dapat memilah biji kakao dengan mutu baik dan teruji. (Prb/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait