Tingkatkan Kualitas Hingga Daya Saing Petani Karet, Andi Harun Bentuk UPPB Dan KTPA
30 November 2021 Admin Website Berita Daerah 293
Tingkatkan Kualitas Hingga Daya Saing Petani Karet, Andi Harun Bentuk UPPB Dan KTPA

SAMARINDA. Wali Kota Samarinda Dr Andi Harun menyerahkan bantuan alat pertanian Pra Panen dan Pasca Panen Bahan Oleh Karet (Bokar) tahun 2021, serta menyaksikan pengukuhan Unit Pengelolaan Pemasaran Bongkar (UPPB) dan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) secara langsung dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes), Senin (29/11/2021).

Pemerintah sejauh ini terus melalukan upaya perbaikan mutu Bokar dengan menerbitkan peraturan menteri dan pedoman jaminan mutu karet.  Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda pun menindaklanjuti dengan adanya pembentukan lembaga di tingkat petani yang dikenal dengan UPPB, sebagai tujuan sarana bagi para petani untuk meningkatkan mutu karet.

Pembentukan KTPA yang saat ini juga dilakukan Pemerintah, dengan tujuan sebagai upaya pencegahan dan penanganan sedini mungkin atas kebakaran lahan serta hutan. 

Andi Harun berharap KTPA dapat benar-benar memberi kontribusi kepada pemerintah dalam menjaga lingkungan, khususnya dari ancaman kebakaran lahan dan hutan.

“Kepada instansi terkait saya harap agar dapat melakukan pelatihan dan pembekalan dalam penggunaan pelataran dan pengendalian kebakaran,” ucap Wali Kota.

Lanjutnya, sinergi pelaku usaha, masyarakat dan pemerintah dalam hal ini sangat diperlukan, pihak perusahaan besar swasta agar dapat berperan aktif melalui kemitraan dengan KTPA yang difasilitasi Pemerintah Kota Samarinda, melakui Dinas Pertanian.

“Sehingga dengan adanya pencegahan serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan bisa lebih maksimal,” tutup Andi Harun (FAN/DON/KMF-SMD).

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait