(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Tiga Inovasi Disbun Menuju Top 99 Sinovik 2020

14 Mei 2020 Admin Website Berita Daerah 2068
Tiga Inovasi Disbun Menuju Top 99 Sinovik 2020

SAMARINDA. Tiga program inovasi publik milik Dinas Perkebunan Kaltim berhasil lolos seleksi babak pertama dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Tahun 2020 yang digelar oleh Kementerian PAN-RB. Tiga program unggulan tersebut kini dalam proses penilaian tahap kedua untuk masuk ke babak TOP 99.

Kepala Dinas Perkebunan, Ujang Rachmad, mengatakan proposal program inovatif yang masuk ke Kementerian PAN-RB tahun ini mencapai 3.059 proposal. Dinas Perkebunan Kaltim mengirimkan tiga program, yakni Gebrak Bokar Bersih, Si Bunda Pegel Dalam Kelambu dan SMS BUNKALTIM pada awal Mei lalu dan ternyata ketiganya berhasil lolos dalam seleksi tahap pertama atau Desk Evalution.

"Saat ini kami akan menunggu hasil selanjutnya. Semua proposal program inovasi layanan publik yang lolos tahap pertama akan disaring lagi menjadi 99 proposal terbaik atau lebih dikenal dengan Top 99," kata Ujang, Kamis (14/05) sore.

Menurutnya, ini ketiga kali keterlibatan Dinas Perkebunan mengikuti program inovasi layanan publik dan bukan semata – mata untuk mendapatkan penghargaan, namun didasari oleh tujuan ingin memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya sektor perkebunan.

Diterangkan, melalui program Gebrak Bokar Bersih atau Gerakan Bersama Rakyat Dalam Mengelola Bahan Olahan Karet Bersih Yang Berkualitas, Dinas Perkebunan berupaya mendorong para petani untuk meningkatkan peranan dan daya saing komoditas karet, diantaranya melakukan perbaikan mutu bahan olah karet.

Selanjutnya, Si Bunda Pegel Dalam Kelambu atau Sistem Informasi Perkebunan Deteksi Awal Pencegahan, Pengendalian dan Pemadaman Kebakaran di Lahan Kebun merupakan inovasi terbaru milik Dinas Perkebunan yang difungsikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta pengawasan terhadap pembangunan perkebunan di Kalimantan Timur, diantaranya adalah untuk membantu pemantauan, pencegahan dan pengendalian kebakaran di lahan perkebunan melalui deteksi dini hotspot/titik api yang disajikan secara spasial.

Sedangkan, SMS BUNKALTIM merupakan inovasi Dinas Perkebunan dalam penyampaian informasi harga tandan buah segar kelapa sawit kepada sejumlah petani pekebun melalui media sms dengan cepat, murah, singkat dan lebih transparan sehingga mampu meminimalisir kecurangan dalam praktik jual beli di lapangan. Inovasi ini pernah diikutkan pada ajang serupa pada tahun lalu dan pernah masuk nominasi 10 besar Penjaringan Perangkat daerah Berinovasi Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait