Teladan Prima Group Peroleh Tiga Penghargaan
24 Oktober 2014 Admin Website Berita Daerah 1458
Teladan Prima Group Peroleh Tiga Penghargaan
SANGATTA. Dari seluruh penerima penghargaan pada puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-15 Kabupaten Kutim, perusahaan perkebunan Teladan Prima Group (TPG) memperoleh tiga penghargaan untuk kategori yang berbeda. Hal ini membuktikan perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit ini, memiliki kepedulian terhadap masyarakat Kutim.

Penghargaan pertama yang diperoleh TPG adalah kategori kepedulian pembangunan rumah layak huni (RLH). Selama ini, TPG sudah merealisasikan komitmennya merampungkan 6 unit RLH.

"Pembangunan RLH merupakan satu bentuk CSR (corporate social responsibility) perusahaan untuk mendukung program Pemkab Kutim dalam pengentasan kemiskinan. Program ini didukung seluruh perusahaan yang menjadi anak perusahaan TPG," jelas CEO Teladan Prima Group Achmad Gunung, belum lama ini.

Selanjutnya berkat konsistensinya melakukan pemberdayaan tenaga kerja wanita selama beberapa tahun terakhir, TPG melalui PT Telen Prima Sawit (TPS) juga berhasil menjadi yang terbaik. Atas prestasi itulah, maka TPS diberi penghargaan sebagai “Perusahaan Pembina Tenaga Kerja Wanita (Nakerwan) Terbaik 2014”. Penyerahan penghargaan dilakukan di sela-sela launching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Kantor Camat Sangatta Utara, pada peringatan ulang tahun Kutim.

Menurut Gunung, dengan penghargaan dimaksud pihaknya berjanji terus berkomitmen membangun sumber daya manusia (SDM) dan tenaga kerja yang andal. Terutama memberikan porsi yang sepadan terhadap peranan tenaga kerja wanita di perkebunan. Sehubungan hal itu pula TPG melalui seluruh anak perusahaannya berupaya terus menyempurnakan fasilitas bagi karyawan pada umumnya dan karyawan perempuan khususnya. Komitmen ini telah dilakukan TPG sejak beberapa tahun lalu. Tak heran mulai 2010, perusahaan ini selalu mendapat predikat yang sama.

Selanjutnya yang ketiga, TPG melalui PT Telen Bukit Permata Estate menempati peringkat kedua "Perusahaan Pelaksana Hubungan Industrial Terbaik Tahun 2014" pada Hari Buruh Internasional. Menurut Achmad Gunung, penghargaan yang satu ini sangat prestisius, karena untuk mendapatkannya bukan perkara mudah. Sebelumnya pihak perusahaan harus dapat mengelola ribuan karyawan perkebunan yang berasal dari berbagai suku, usia kerja, dan pendidikan dengan baik. Sehingga karyawan yang ada dapat bekerja berdampingan dengan baik sesuai peraturan tanpa adanya masalah yang berarti.
 
Apabila ternyata masih terdapat perselisihan, pihak perusahaan harus dapat menyelesaikannya dengan cara yang tepat sesuai perundang-undangan.

"Hal itulah yang mendasari PT Telen sebagai salah satu anak perusahaan dari Teladan Prima Group berhasil mendapatkan penghargaan atas pelaksanaan hubungan industrial yang sudah dijalankan dengan baik selama ini," jelasnya.

Gunung yang merupakan putra asli kelahiran Kecamatan Muara Bengkal ini mengaku, semua prestasi tersebut diraih bukan dengan mudah. Tetapi melalui proses, konsistensi, dan komitmen semua pihak untuk membangun SDM seutuhnya sesuai visi dan misi perusahaan. (*/kmf4/san/k11)

SUMBER : KALTIM POST, KAMIS, 23 OKTOBER 2014

Artikel Terkait