Tebu Tahan Kering Transgenik Meluncur 2013
15 Maret 2011 Admin Website Artikel 241
JAKARTA--MICOM: Indonesia akan mulai menjajaki pengembangan tanaman transgenik pada 2013. Tanaman yang akan diusahakan terlebih dahulu ialah tebu tahan kekeringan, jagung tahan hama, dan padi bervitamin A yang disebut beras emas (golden rice).

"Paling cepat, tanaman transgenik yang akan hadir di Indonesia adalah tebu tahan kering. Itu sudah secara resmi disetujui oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian," kata Direktur Pusat Penelitian IndoBic Bambang Purwantara di Jakarta, Senin (14/3).

Untuk tanaman tebu tersebut, sampelnya sudah lolos uji coba keamanan berdasarkan pertimbangan Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik (KKH PRG) Indonesia. Tahun ini, tebu transgenik tersebut sedang diuji keamanan hayati.

Tahun depan direncanakan menjalani uji varietas. Dengan kata lain, pada 2013, tebu transgenik tahan kering ini sudah bisa diimplementasikan di lahan-lahan tebu Tanah Air.

"Tebu akan menjadi produk transgenik paling cepat yang diluncurkan pada 2013, disusul jagung dan golden rice pada 2014," lanjut Bambang yang juga Anggota KKH RPG.
 
DIKUTIP DARI MEDIA INDONESIA, SENIN, 14 MARET 2011

Artikel Terkait