(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Tahun Ini Seluruh Perkebunan Kelapa Sawit Harus Punya ISPO

16 Februari 2014 Admin Website Berita Nasional 3211
Tahun Ini Seluruh Perkebunan Kelapa Sawit Harus Punya ISPO
LEGIAN. Tahun ini seluruh perkebunan kelapan sawit di Indonesia harus mengantongi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). Ini merupakan mandatory atau perintah yang harus dipatuhi oleh seluruh pelaku industri kelapa sawit.

Menteri Pertanian RI Suswono mengemukakan hal tersebut usai membuka International Conference on Oil Palm and Environment, di Bali, Rabu (12/2).

Mentan mengungkapkan, saat ini baru 40 perusahaan yang sudah mengantongi ISPO. Sementara 73 perusahaan lainnya saat ini sedang dalam proses mendapatkan ISPO.

Dalam kesempatan itu Mentan menandaskan, ISPO merupakan syarat mutlak untuk pengelolaan perkebunan kelapa sawit. Pasalnya, pengembangan perkebunan kelapa sawit tidak boleh mengabaikan lingkungan.    

"Pengembangan kelapa sawit diawali dengan pengembangan perkebunan rakyat melalui pola Perusahaan Inti Rakyat (PIR) dan penyelenggaraannya ditempuh dengan taat azas pada prinsip pembangunan berkelanjutan, yang berwawasan lingkungan," kata Mentan.

Dalam kaitan dengan itu, pengembangan kelapa sawit ke depan dilakukan bukan dengan menambah luas kebun, melainkan dengan meningkatkan produktivitas kebun sawit.  Salah satu caranya adalah melakukan penanaman kembali (replanting) kebun-kebun sawit rakyat yang produktivitasnya rendah.

Mentan mengungkapkan, dengan replanting produktivitas kebun rakyat dapat meningkat menjadi 5-6 ton per hektare. Sama dengan produktivitas kebun milik perusahaan swasta. Dengan peningkatan produktivitas sebesar itu, target mencapai 40 juta ton produksi kelapa sawit tahun 2020 dapat dicapai.

"Saat ini luas kebun sawit mencapai lebih dari 9 juta hektare, kalau per hektare rata-rata menghasilkan 5 ton, kan lebih dari 40 juta produksi per tahun," tandas Mentan.

Caption:
  1. Menteri Pertanian RI Suswono didampingi Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Wakil Ketua Kadin Bidang Agribisnis dan Kehutanan Franky Oesman Widjaja membuka ICOPE 2014 di Legian, Bali, Rabu (12/2)
  2. Mentan Suswono menyampaikan pidato pembukaan ICOPE 2014 di Legian, Bali, Rabu (12/2
DIKUTIP DARI KEMENTERIAN PERTANIAN, JUMAT, 14 FEBRUARI 2014

Artikel Terkait