Tahun ini, Bangun Dua Pabrik Minyak Sawit
06 Februari 2012 Admin Website Artikel 307

Pertemuan Pemkab Paser dengan jajaran Direksi PTPN XIII, Selasa (31/1) lalu di Pontianak, Kalbar menghasilkan beberapa keputusan penting bagi kemajuan Paser, terutama dalam bidang perkebunan kelapa sawit. Apa saja keputusan itu, berikut bagian kedua laporan Abdul Kadir, Staf Humaspro Setda Paser.

Salah satu informasi paling penting adalah rencana pihak PTPN untuk membangun dua Pabrik Minyak Sawit (PMS) di dua tempat, yaitu Long Ikis dan Kerang Kecamatan Batu Engau.

Direktur Produksi PTPN XIII Ir B Rachman, mengatakan rencana ini merupakan bagian dari upaya BUMN tersebut untuk mencapai target laba sebesar Rp1 triliun pada tahun 2014. “Pembangunan pabrik yang baru ini akan dilaksanakan tahun 2012 untuk di Long Ikis dan tahun depan di Kerang,” terangnya.

Ditambahkan, PTPN XIII tidak pernah ragu untuk mengembangkan usaha di Bumi Daya Taka karena selama ini mereka selalu mendapatkan dukungan secara penuh dari pemerintah dan masyarakat.

Sebelumnya pada pertemuan yang sama Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Paser melalui Kepala Bidang Produksi dan Pengembangan Lahan Perkebunan Ir H Abdul Rasyid MP menjelaskan, bahwa pabrik yang ada di Paser saat ini sangat kurang dan tidak mendukung petani dimana produksi Tandan Buah Segar (TBS) nya semakin lama semakin meningkat.

“Ciri khas masyarakat petani kami adalah mereka akan senang mengantar TBS mereka jika mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Nah bagaimana bisa memuaskan kalau terkadang mereka harus antre berhari-hari di lokasi pabrik untuk mendapatkan giliran hingga TBS mereka menjadi bonyok dan tidak ada artinya lagi akibat ada bagian  mesin yang rusak,” katanya.

Manfaat lain yang diperoleh dari penambahan pabrik diungkapkan oleh Camat Long Ikis Ahmad Setiadi SSos SKM MM. Dia mengatakan bahwa pabrik yang baru akan adalah mengakomodir petani kecil terutama pada saat panen raya. mengatakan bahwa PMS Semuntai selama ini kelihatan tidak mampu menampung hasil panen raya sehingga banyak yang membusuk.

“Kami juga berhara bantuan PTPN XIII untuk turut membangun jalan. Pemkab Paser selama ini sudah membangun jalan bagian dari program menuju Paser Bangkit 2013 tapi kami juga tahu bahwa APBD kami terbatas,” harap Camat.

Sementara, untuk warga desa Semuntai Kecamatan Long Ikis, Kades Sardani SP mengaku, bahwa keberadaan PTPN XIII dan juga PMS di desa itu sangat membantu warganya. “Kami memang sangat terbantu dengan adanya PTPN di wilayah kami, dan secara terbuka saya akui bahwa perekonomian masyarakat Semuntai tergolong mapan dan berkecukupan dalam beberapa tahun terakhir,” tutur Sardani yang menjadi Kades 2008 lalu.
 
DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 6 PEBRUARI 2012

Artikel Terkait