Stok CPO Berlimpah Amankan Harga Migor Curah
14 Januari 2010 Admin Website Artikel 325
Ini penting diperhatikan karena kenaikan CPO kerap menjadi faktor pendorong utama kenaikan harga minyak goreng curah di dalam negeri, yang masih banyak dikonsumsi masyarakat golongan ekonomi rendah.

#img1# Stok CPO di Malaysia dilaporkan 2,5 juta ton, demikian juga di Indonesia yang mencapai jumlah yang kira-kira sama. "Ini menjadi jaminan ke depan bahwa harga CPO tidak melonjak. Sebab, setiap kali harga CPO naik, akan langsung berdampak pada harga minyak goreng curah," ujar Wakil Menteri Pertanian sekaligus Deputi Bidang Koordinasi Pertanian dan Kelautan Menko Perekonomian, Bayu Krisnamurthi mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Kamis (14/1/2010).

Menurut Dia, dari total produksi minyak goreng sebanyak 3,5-4 juta ton per tahun di dalam negeri, sekitar 1-1,5 juta ton di antaranya langsung dikonsumsi oleh masyarakat dalam bentuk minyak goreng curah. Ini mengkhawatirkan karena harga minyak goreng curah sangat labil dibandingkan harga minyak goreng kemasan.

Sebagai gambaran, harga minyak goreng curah di DKI Jakarta pada minggu kedua Januari 2010 dilaporkan mencapai Rp 9.441 per liter atau meningkat 8,89 persen dibandingkan posisi harga rata-rata pada Desember 2009. Adapun harga minyak goreng kemasan pada periode yang sama ada di level Rp 11.231 per liter atau turun 0,48 persen dibandingkan harga rata-rata pada Desember 2009.

"Itu artinya pergerakan harga minyak goreng kemasan jauh lebih stabil. Atas dasar ini kami ingin agar ke depan minyak goreng kemasan ini yang banyak di pasaran. Apalagi ada masalah kemartabatan bangsa di sini. Sebab, tidak banyak negara di dunia yang masih menggunakan minyak goreng curah saat ini," ujar Bayu.

DIKUTIP DARI KOMPAS, KAMIS, 14 JANUARI 2010

Artikel Terkait