(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Situs Web Disbun Masuk 10 Besar Nasional

23 Agustus 2014 Admin Website Berita Daerah 2498
Situs Web Disbun Masuk 10 Besar Nasional

SAMARINDA. Situs web milik Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim yang beralamat https://disbun.kaltimprov.go.id/ kembali masuk 10 besar secara nasional dalam lomba website yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kementerian Pertanian untuk kategori pelayanan publik online.

"Alhamdulillah, website milik Disbun kembali masuk 10 besar dari 62 website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi lingkup Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia, karena Disbun dinilai telah mampu memberikan pelayanan publik melalui sarana teknologi informasi dengan baik oleh tim penilai dari Pusdatin," kata Kepala Disbun Kaltim, Hj Etnawati sesaat setelah pembukaan Kaltim Expo 2014, Jumat (22/08).

Menurutnya, lomba web nasional ini telah berlangsung sejak April lalu dan merupakan ajang kesebelas kalinya dengan mengambil tema Situs Web Sebagai Sarana Keterbukaan Informasi Untuk Meningkatkan Partisipasi Publik Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik.

Sedangkan pesertanya terdiri dari unit Eselon I di lingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat Provinsi maupun kabupaten dan kota serta UPT Pusat seluruh Indonesia yang telah memiliki situs web.

"Disbun Kaltim terus berupaya memperbaiki tampilan dan kecepatan akses. Tujuannya untuk memaksimalkan dan permudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat petani dan pekebun," tambah Etnawati lagi.

Selain itu, fasilitas ini untuk memudahkan petani dan masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan harga sejumlah komoditas perkebunan di daerah ini. Langkah ini dilakukan untuk menuju penerapan e-Government, sekaligus untuk kemudahan komunikasi dan informasi meskipun dalam jarak jauh.

Berdasarkan berita acara penetapan daftar peserta Lomba Situs Web Kementerian Pertanian 2014, maka nominasi 10 Situs Web Kategori SKPD Provinsi yang akan dinilai tim juri sejak (18/08) hingga (17/10) mendatang, yakni Dinas Peternakan Sumbar, Badan Ketahanan Pangan Riau, Dinas Peternakan Jabar, Dinas Perkebunan Jabar, Badan Ketahanan Pangan Daerah Jabar, Dinas Peternakan Jatim, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Banten, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NTB, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim dan Dinas Perkebunan Kaltim.

Diterangkannya, web Disbun telah menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian, diantaranya 6 kali nominasi 10 besar terbaik dan 3 kali meraih juara ke-2, yakni tahun 2005, 2011 dan 2012.

"Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi ke publik. Maka, tahun ini kami menargetkan bisa masuk 3 besar nasional, selain akan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang akan disampaikan ke masyarakat," harap Etnawati. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait