Sinkronisasi Data Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara
20 April 2022 Admin Website Berita Daerah 88
Sinkronisasi Data Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara

ANGGANA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Kutai Kartanegara menyelenggarakan Pertemuan Sinkronisasi Data Statistik Perkebunan Angka Tetap Tahun 2021 dan Angka Sementara Triwulan I Tahun 2022, diikuti oleh 9 orang petugas data statistik perkebunan dari kecamatan wilayah pesisir se Kutai Kartanegara selama 2 (dua) hari di Anggana.

Sekretaris Dinas Perkebunan Kukar, Hamdani, dalam sambutannya mengatakan data dan informasi merupakan bahan utama yang diperlukan dalam penyusunan perencanaan pembangunan perkebunan ke depan. Sehingga sangat diperlukan data yang valid, akurat dan obyektif, yang diperoleh melalui sinkronisasi dan validasi data statistik perkebunan yang selanjutnya akan dijadikan angka tetap (ATAP) statistik perkebunan tahun 2021 dan angka sementara (ASEM) tahun 2022.

“Ketersediaan data dan informasi mutlak diperlukan sebagai bahan perumusan kebijakan maupun sebagai bahan mengukur keberhasilan capaian kinerja yang telah kita lakukan”, ungkap Hamdani, Rabu (20/04) pagi tadi.
Ditambahkannya, mekanisme penyusunan data statistik ini, dimulai dari sinkronisasi data di tingkat kecamatan dengan sinkronisasi tingkat kabupaten seperti yang dilaksanakan saat ini.

Sedangkan metode yang digunakan dalam penentuan angka tetap 2021 adalah dengan cara membandingkan angka tahun sebelumnya yang kemudian dianalisa kelayakan dengan memperhatikan standar dan kriteria yang sudah dibakukan.

“Selanjutnya, hasil sinkronisasi akan dijadikan bahan penyusunan buku statistik perkebunan tingkat provinsi dan bahan buku daerah dalam angka Kutai kartangara tahun 2022”, pungkasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan menjadi dua tahap, yakni wilayah pesisir dan wilayah hulu. Adapun peserta dari wilayah pesisir kali ini berasal dari Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Loa Janan, Samboja, Muara Jawa, Sangasanga, Anggana, Muara Badak dan Marangkayu, sedangkan rencananya wilayah hulu akan dilaksanakan pada pekan depan.

Hadir sebagai fasilitator M. Reza Pahlevi dari Dinas Perkebunan Kaltim.(rey/disbun)


Artikel Terkait