Siapkan Dua Kategori Dermaga Penyeberangan
07 Maret 2011 Admin Website Artikel 245
TENGGARONG - Program pelayanan angkutan penyeberangan dalam rangka Penas KTNA di Kukar, akan dipusatkan di beberapa titik sekitar Tenggarong dan Tenggarong Seberang. Ini dimaksudkan agar tak terjadi penumpukan kendaraan di sekitar Jembatan Kartanegara. Demikian diutarakan Haryanto Bachroel selaku Ketua Pelaksana Penas KTNA Kukar, baru-baru ini.

Dijelaskan, peserta penas dari pemondokan Tenggarong dan Loa Kulu, akan di-drop di dermaga yang telah disediakan serta akan diangkut dengan kapal fery dilengkapi alat pengaman seperti pelampung dan petugas SAR dari Kesbang Limnas, Pemkab Kukar juga sudah menyiapkan beberapa darmaga yang tersebar di Tenggarong dan Tenggarong Seberang. Penyebrangan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu penyeberangan kendaran dan manusia.

Kesiapan dermaga penyeberangan orang dari  arah kota Tenggarong meliputi dermaga Pulau  Kumala, dermaga pasar  seni, dermaga museum, dermaga sukmawira, dermaga pemkab (khusus  pejabat dan undangan penting lainnya), areal tambat kapal  di  jembatan Tanjung, areal tambat  kapal di depan  perum anggota DPRD, dan lainnya.

Sedangkan untuk penyebrangan kendaraan akan dipusatkan dari arah kota Tenggarong melalui dermaga penyeberangan kampung baru, dermaga penyeberangan Mangkurawang dan untuk  kendaraan dari arah kecamatan Tenggarong Seberang dapat menyeberang di dermaga penyeberangan  Desa Perjiwa, dermaga penyeberangan Desa Loa Pari, hingga dermaga bongkar muat kelapa sawit

“Untuk mengantisipasi kemacetan lalulintas, masyarakat Tenggarong dan sekitarnya pada saat pembukaan dan penutupan yang akan pergi ke Samarinda diharapkan menggunakan jalur Tenggarong-Loa Janan," pesannya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 7 MARET 2011

Artikel Terkait