Ratusan Hektare Kakao Siap Panen
23 Februari 2010 Admin Website Artikel 246
#img1# Setiap tahun, terang Marson R Langub, kecamatan membuka lahan warga seluas 105 hektare. Jadi dalam 4 tahun terakhir, kata Camat Mentarang ini, luas lahan kakao program Gerbang Dema Kecamatan mencapai 420 hektar.

Namun, lanjutnya, jika ditambah dengan program Gerbang Dema yang ditangani langsung oleh desa, luas areal perkebunan yang dimiliki Mentarang mencapai 2 kali lipat alias 840 hektar. Belum termasuk lahan yang telah ada sebelum digulirkannya pembukaan perkebunan kakao proyek Gerbang Dema tahun 2006. "Hanya, tidak semua lahan seluas itu yang siap dipanen," terang Marson.

Menurutnya, yang siap dipanen ialah kakao yang ditanam dari tahun 2006 dan sebelumnya. "Sebagian besar kakao yang siap panen itu ditanam tahun 2006. Jumlah ratusan hektar," ujarnya.

Tahun ini, Marson R Langub merencanakan untuk melakukan panen raya perdana. Menurutnya, ada 4 desa yang telah siap panen, yaitu Pulau Sapi, Mentarang Baru, Lidung Keminci dan Harapan Baru. "Kakao di harapan Baru kelihatan lebih bagus dan lebih siap. Hanya letaknya sangat jauh sehingga mobilitasnya sulit," terangnya. Marson merencanakan panen raya perdana tersebut akan dihadiri oleh Bupati Marthin Billa. "Tahun ini sudah bisa dipastikan. Tapi kami masih harus memilih lahan mana yang paling bagus dan mudah dijangkau. Minimal satu hektar satu hamparan," pungkasnya.


DIKUTIP DARI KALTIM POST, SELASA, 23 PEBRUARI 2010

Artikel Terkait