PT TBP Serap 2.000 Tenaga Kerja
28 Januari 2009 Admin Website Artikel 335
Sebagian besar penyerapan, merupakan SDM lokal dan sebagian kecil tenaga skill yang didatangkan dari luar daerah.

#img1# Tenaga kerja yang ada tidak menutup kemungkinan bakal terus bertambah. Apalagi, program jangka menengah TBP Plantation yakni memperluas lahan perkebunannya seluas 25 ribu hingga sampai 50 ribu hektare. Sedangkan program jangka panjang diupayakan lahan perkebunan yang disesuaikan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) kabupaten minimal 200 ribu sampai 300 ribu hektare.

Suparno, Manajer LSD PT TBP Plantation menyebutkan, jika lahan perkebunan milik PT TBPP seluas 300 ribu hektare, maka tenaga kerja yang terserap bisa mencapai puluhan ribu orang. "Dengan luas lahan perkebunan yang ada saat ini saja kurang lebih kurang 14 ribu hektare, maka tenaga kerja yang terserap mencapai 2 ribu orang," jelasnya.

Dengan demikian pencari kerja (pencaker) lokal mempunyai peluang besar untuk bekerja di perkebunan atau pabrik kelapa sawit. Apalagi saat ini tak hanya TBPP yang melakukan pembangunan pabrik CPO, namun satu perusahaan perkebunan yang berada di Kecamatan Segah pun tengah membangun pabrik yang sama.

Pihaknya tak hanya akan mengupayakan perluasan lahan perkebunan sawit. Namun juga sudah siap bermitra dengan masyarakat dengan cara plasma. Saat ini saja, dengan program kemitraan tersebut, pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa koperasi yang mewadahi masyarakat pemilik lahan. Kerja sama tersebut adalah penanaman plasma yang saat ini mencapai 30 persen atau seluas 1.400 hektare dari luasan lahan inti.

Suparno juga menjelaskan, program kemitraan yang di bangun pihaknya dengan masyarakat, yaitu masyarakat menyediakan lahan perkebunan dan pihaknya yang melakukan penanaman, perawatan hingga memanen.

Masyarakat tinggal menikmati hasil pembagian tripartit atau pemodal, pengusaha dan masyarakat.

DIKUTIP DARI RADAR TARAKAN, RABU, 28 JANUARI 2009

Artikel Terkait