Prospek Perkebunan Kelapa Sawit Capai 1,37 Juta Hektar
28 Desember 2021 Admin Website Berita Daerah 77
Prospek Perkebunan Kelapa Sawit Capai 1,37 Juta Hektar

SAMARINDA. Prospek perkembangan perkebunan kelapa sawit di Kaltim sudah mencapai 1,37 juta hektar. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Prov Kaltim Ujang Rachmad saat dikonfirmasi di Ruang Rapat Hevea Kantor Disbun Kaltim, Senin (27/12).

Ujang menyebutkan di Kaltim pabrik kelapa sawit ada 95 dengan total kapasitas terpasang 5000 ton TBS per jam.

"Alhamdulillah ini memberikan kesempatan pengembangan ekonomi bagi masyarakat yang sangat baik,"tuturnya.

Apa lagi saat ini, lanjut Ujang harga TBS sedang sangat baik di atas Rp 3.000 bahkan di tingkat petani harganya bisa mencapai Rp 3.300.

Dirinya juga menyebutkan penetapan harga TBS sawit berdasarkan variasi umur dari 4 tahun sampai 10 tahun dan sampai saat ini sudah mencapai Rp 3.070 per kilogram.

Hal ini merupakan hal yang perlu disyukuri karena melalui subsektor perkebunan mampu mengangkat harkat dan martabat serta kesejahteraan masyarakat Kaltim melalui perkebunan.

Lanjutnya sektor perkebunan saat ini mampu menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 340 ribu tenaga kerja yang bisa diserap melalui sektor perkebunan aneka komunitas.

Ke depannya Ujang harap dengan upaya untuk terus mengembangkan perkebunan dapat memperluas dan meningkatkan produktivitas pasti akan diikuti penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak. (Prb/ty).

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait