Promosikan Produk Olahan Perkebunan Kepada Peserta EIFAF
21 Juni 2014 Admin Website Berita Kedinasan 318
Promosikan Produk Olahan Perkebunan Kepada Peserta EIFAF

SAMARINDA. Dalam rangka memeriahkan kegiatan Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF), peserta EIFAF dari 11 negara mengadakan City Tour atau kunjungan ke Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan. Diantaranya melakukan kunjungan ke Stasiun Lada KM 41 milik Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Kamis (19/06) kemarin.

Kepala Disbun Kaltim yang diwakili Kepala Seksi Teknologi Terapan Budidaya Perkebunan, Muhammad Reva Yovani didampingi Kepala UPP Loa Janan, Wahono menerangkan salah satu rangka acara City Tour adalah pemutaran profil dan suguhan atraksi berdasarkan potensi yang dimiliki oleh Desa Batuah, diantara komoditi lada dan kelapa kopyor yang dikembangkan oleh Disbun Kaltim.

"Peserta dari sebelas negara dimaksud, yakni Belanda, Italia, Hungaria, Kroasia, Latvia, Kolombia, Rusia, Mesir, Korea Selatan, Filipina dan Bangladesh sangat antusias bisa berkunjung ke Stasiun Lada KM 41 karena bisa melihat langsung tanaman yang tidak tumbuh di Negara tempat asalnya," ungkap Reva.

Dengan harapan turut mengenalkan kepada peserta City Tour tentang hasil pembangunan sektor perkebunan termasuk produk olahan perkebunan, yaitu es kelapa kopyor, bumbu masak dan balsam lada.

"Melalui City Tour ini, mereka bisa mengenal dan mengetahui tanaman – tanaman perkebunan apa saja yang ada di Kabupaten Kukar, khususnya Loa Janan yang  banyak menghasilkan dan malah diekspor keluar seperti halnya lada yang dibuat berbagai olahan seperti balsam dan bumbu masak," paparnya.  (rey/disbun)

SUMBER : UPTD TEKNOLOGI TERAPAN PERKEBUNAN


Artikel Terkait