Presiden Siap Resmikan Proyek MP3EI di Kaltim
29 Agustus 2012 Admin Website Artikel 325
JAKARTA. Dari ajang Indonesia International Infrastructur Conference and Exhibition (IIICE) 2012 Jakarta, Presiden Sosilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan kesiapannya untuk meresmikan dua proyek infrastruktur di Kaltim, yakni Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau dan Pelabuhan dan Kawasan Industri Kariangau di Balikpapan.

Penegasan itu disampaikan Presiden SBY saat mengunjungi stan pameran Kaltim di ajang IIICE 2012 di Jakarta Convention Center Senayan. Presiden mengunjungi stan Kaltim bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

"Kesiapan presiden untuk meresmikan proyek di Kaltim merupakan kebanggaan tersendiri bagi rakyat kaltim," ujar Gubernur Awang Faroek Ishak, Selasa (28/8).

Selain itu, ada lima proyek yang masuk dalam program MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) yang akan diresmikan (groundbreaking) Presiden.

Yakni, Bandara Samarinda Baru (BSB), Pupuk Kaltim 5 dan Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan serta Centralized Crude Terminal (CCT) Lawe-Lawe Penajam Paser Utara dan rel Kereta api jalur Muara Wahau - Lubuk Tutung 135 kilometer.

"Setelah dilakukan peresmian sekaligus groundbreaking beberapa proyek MP3EI ini, kita berharap akan mampu meningkatkan kepercayaan investor untuk datang ke Kaltim dan mau berinvestasi," jelasnya.

Dalam ajang IIICE 2012 tersebut, stan Kaltim menampilkan berbagai proyek infrastruktur termasuk proyek-proyek yang masuk dalam program MP3EI. Misalnya, Terminal Peti Kemas Palaran Samarinda, Jembatan Mahkota II Samarinda, pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy Kutai Timur dan pembangunan jalan tol Balikpapan - Samarinda sepanjang 99,02 kilometer.

Even internasional IIICE 2012 dirangkai dengan Asia Pasifik Minister dan Regional Governor yang secara resmi juga dibuka Presiden SBY. Pesertanya adalah beberapa negara Eropa dan Uni Emirat Arab.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari sejak 28-30 Agustus diisi dengan presentasi dari 33 provinsi yang disampaikan masing-masing gubernur. Gubernur mendapat giliran menyampaikan presentase pada hari kedua. (yans/hmsprov)

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait