Presiden SBY Berbincang dengan Petani dan Nelayan
22 Juni 2011 Admin Website Artikel 337
JAKARTA--MICOM: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengadakan perbincangan menggunakan fasilitas video conference dengan peserta Pekan Nasional (Penas) XIII Petani Nelayan 2011 yang diselenggarakan di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Video conference yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/6), pada pukul 10.00 WIB untuk menggantikan kehadiran Presiden Yudhoyono yang sedianya dijadwalkan menutup Penas XIII yang diselenggarakan pada 18 Juni 2011 hingga 23 Juni 2011.

Penas XIII yang diikuti sekitar 30 ribu peserta terdiri atas petani nelayan, perwakilan pemerintah, pelaku agribisnis, pengusaha, pakar, dan penyuluh pertanian serta perikanan dibuka oleh Wakil Presiden Boediono pada Sabtu 18 Juni 2011.

Video conference dengan peserta Penas XIII di Kompleks GOR Aji Imbut, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartangera, Kalimantan Timur, itu diawali dengan laporan Ketua Umum Panitia Pusat Penas XIII, Winarno Tohir, dan diikuti dengan penayangan Selayang Pandang Penas XIII Petani Nelayan 2011.

Presiden Yudhoyono dijadwalkan memberikan arahan dalam video conference yang dilanjutkan dengan dialog dipandu oleh Menteri Pertanian Suswono.

Selain peserta dalam negeri, Penas XIII juga dihadiri petani nelayan se-ASEAN dan Jepang untuk saling menukar informasi mengenai pengembangan pertanian dalam arti luas.

Kegiatan pekan nasional sebelumnya digagas oleh Tokoh Tani Nelayan sejak 1971. Tujuan diadakan pekan nasional adalah meningkatkan motivasi kegairahan petani nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Pelaksanaan Penas XIII Petani Nelayan 2011 juga diiringi dengan Gelar Teknologi Pertanian dan Expo-Kontes Ternak.

DIKUTIP DARI MEDIA INDONESIA, RABU, 22 JUNI 2011

Artikel Terkait