(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Pj Gubernur Kaltim Kunjungi Pabrik Pengolahan Biji Kakao di Berau

18 Desember 2023 PPID Berita Daerah 894
Pj Gubernur Kaltim Kunjungi Pabrik Pengolahan Biji Kakao di Berau

TANJUNG REDEB. Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik bersama Pj Ketua PKK Provinsi Kaltim Yulia Zubir, mengunjungi Pabrik Pengolahan Biji Kakao "Berau Cocoa" milik PT Berau Coal yang bertempat di area Politeknik Sinar Mas Berau Coal, Sei Bedungun, Kecamatan Tanjung Redeb, Sabtu (16/12) kemarin.

Dalam kunjungannya, Akmal Malik didampingi Bupati Berau Sri Juniarsih Mas bersama Wakil Bupati Berau Gamalis dan Ketua TP PKK Berau Sri Aslinda Gamalis beserta jajaran pimpinan perangkat daerah Pemkab Berau dan manajemen PT Berau Coal untuk melihat langsung pengolahan biji kakao serta bibit kakao.

"Saya bangga dan sangat mengapresiasi, ternyata Berau tidak hanya punya tambang saja, tetapi juga memiliki satu produk unggulan yaitu cokelat atau kakao Berau," kata Pj Akmal disela peninjauan.

Menurutnya, kegiatan usaha ini merupakan wujud komitmen Pemkab Berau yang berkolaborasi bersama PT Sinar Mas Group dan PT Berau Coal selaku pembina "Berau Cocoa" untuk mentransformasi ekonomi daerah dari sektor tambang ke pertanian.

“Untuk saat ini, kakao dengan kualitas terbaik itu dari negara Belgia, padahal mereka tidak tanam kakao, yang jadi pertanyaan dari mana bahan mereka, ya dari Indonesia ini. Jadi, kedepan kita harus meningkatkan diri dengan hilirisasi pengelolaan biji kakao ini untuk menghasilkan produk unggulan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Pj Akmal berharap kedepan transformasi ekonomi daerah melalui pengembangan kakao ini akan berhasil dan Berau akan menjadi satu-satunya Kabupaten di Kaltim yang menjadi pusat pengembangan sentra kakau dan pariwisata.

"Kita ingin kedepan, Berau yang telah memiliki lahan kakao untuk dapat membangun pabrik cokelat dan juga memproduksi brand cokelat sendiri. Serta memberikan dorongan kepada pelaku usaha di sektor tersebut," harapnya.

Turut hadir mendampingi, Kepala Dinas Perkebunan Ahmad Muzakkir, Kepala Dinas PTPH Siti Farisyah Yana, Kepala Dinas Perhubungan Yudha Pranoto, Kepala DPUPR Aji Muhammad Fitra Firnanda serta Pejabat dilingkup Pemprov Kaltim. (Rzk/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait