(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Petugas Tanggap Atasi Kebakaran Lahan dan Kebun

23 Mei 2017 Admin Website Berita Kedinasan 2376
Petugas Tanggap Atasi Kebakaran Lahan dan Kebun

SAMARINDA. Guna pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan kebun, Dinas Perkebunan Kaltim menggelar Bimbingan Teknis Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Kebun yang diperuntukkan bagi petugas Brigade/Satgas Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun di Samarinda, Senin (22/05) kemarin.

Kepala Dinas Perkebunan, Ujang Rachmad mengatakan kebakaran lahan dan kebun hampir terjadi setiap tahun, terutama pada musim kemarau panjang. Masalah kebakaran lahan dan kebun merupakan hal yang wajib dicegah, supaya tidak terjadi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan kerusakan pada lingkungan.

"Ekstensifikasi (pembukaan baru) lahan yang tidak mengikuti anjuran program pembukaan lahan tanpa bakar menjadi salah satu penyebab kebakaran lahan yang berdampak negatif pada beberapa aspek, baik ekonomi, sosial, ekologis maupun politis," ungkap Ujang.

Melalui pelatihan ini, peserta diberikan pengarahan tentang pemahaman teknis dan tatacara penggunaan peralatan pemadam kebakaran, diikuti sebanyak 15 orang peserta dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kehutanan dan Dinas Perkebunan Kaltim.

"Dengan adanya pelatihan ini, maka tersedia petugas pengendalian kebakaran lahan dan kebun yang mampu memberikan petunjuk dan pembinaan kepada perusahaan perkebunan dan masyarakat dalam melakukan pembukaan lahan tanpa bakar. Selain itu,  juga tersedia petugas yang mampu mendeteksi adanya hospot (titik api) yang timbul dengan menggunakan satelit," harap Ujang. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PERKEBUNAN BERKELANJUTAN

Artikel Terkait