(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Petani Karet Kubar Terima Bantuan Alat Pasca Panen

12 Agustus 2022 Admin Website Berita Daerah 1297
Petani Karet Kubar Terima Bantuan Alat Pasca Panen

BARONG TONGKOK.  Dalam upaya mendukung peningkatan program pengembangan pengolahan perkebunan dan peningkatan mutu dari komoditi perkebunan, khususnya karet, maka Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan menyerahkan bantuan berupa 50  liter cairan pembeku lateks yang diperuntukkan kepada Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Suka Tani  di kampung Ombu Asa Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat pada Kamis (11/08) kemarin.

“Tahun 2022 ini, kami memperoleh  dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun, Satker 05), Kementerian Pertanian guna mendukung kegiatan sarana fasilitasi pengolahan karet  di beberapa wilayah di Kaltim” kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim diwakili oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran, Hj. Siti Juriah, saat ditemui di kantor Dinas Perkebunan Jumat (12/08) siang.

Juriah memaparkan, Kaltim merupakan daerah yang sangat sesuai untuk pengembangan dan pembangunan subsektor perkebunan, termasuk komoditi karet. Bantuan yang diberikan dimaksudkan untuk memacu semangat pekebun agar pengolahan pasca panen karet (lateks) menjadi lebih berkualitas sesuai standard nasional.

Ditambahkannya, untuk kegiatan serupa juga akan dilaksanakan dan diserahkan kepada 4 UPPB binaan yang tersebar di Penajam Paser Utara, Kutai Timur, Kutai Barat dan Kutai Kartanegara. Masing masing akan menerima 50 liter pembeku lateks merk SPECTA .

Selain itu, menurutnya,  UPPB Suka Tani juga diberikan bantuan alat tulis kantor berupa kertas kop surat UPPB, kalkulator, buku agenda, buku  keuangan, kwitansi map arsip dan bolpoint. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait