Petani Karangan Kembangkan Karet dan Kakao
11 April 2014 Admin Website Berita Daerah 349
Petani Karangan Kembangkan Karet dan Kakao
SANGATTA. Sejumlah warga yang tergabung dalam kelompok tani di beberapa desa di Karangan, Kabupaten Kutai Timur. Mulai mengembangkan komoditas karet dan kakao.

Camat Karangan Muhammad Tahir di Sangatta, Rabu, dalam beberapa tahun  terakhir, petani membentuk kelompok-kelompok untuk mengembangkan beberpa komoditas, seperti Kakao, Karet dan Jagung.

"Para petani melihat komoditas tersebut peluangnya cukup besar untuk meningkatkan kesejahteraannya, sehingga tertarik untuk mengembangkannya," katanya

Mantan sekretaris kecamatan sandaran itu, mengatakan saat ini dengan beberapa kelompok tani, terdata jumlah dan luas lahan untuk kebun kakao 25 hektare dan karet 100 hektare.

Para petani juga mengembangkan komoditas jagung diatas lahan seluas 50 hektare.

Sebagian lainnya, katanya juga akan menanam kelapa sawit yang dikelola secara mandiri dan sebagian lainnya dikelola oleh pihak swasta sebagai sawit plasma.

Dengan dikembangkan komoditas karet, kakao, dan jagung. Katanya, kesejahteraan masyarakat pada masa mendatang akan semakin lebih baik.

Hanya saja, kata dia agar tanaman petani tumbuh dengan baik, pihaknya berharap ada pendampingan dari dinas terkait, seperti petugas Dinas Pertanian Dan Dinas Perkebunan

"Kalau tidak, didampingi petugas penyuluh pertanian, petani sulit berproduksi dengan baik, bahkan akan menimbulkan kerugian petani," katanya.

DIKUTIP DARI ANTARA KALTIM, RABU, 2 APRIL 2014

Artikel Terkait