Petani Dilatih Atasi Serangan Hama dan Penyakit Karet
03 Agustus 2015 Admin Website Berita Kedinasan 329
Petani Dilatih Atasi Serangan Hama dan Penyakit Karet

SAMARINDA. Sebanyak 25 petani karet dari kelompok belajar Tawakal Desa Lamaru Kecamatan Balikpapan Timur mengikuti sekolah lapang pengendalian hama terpadu (SL-PHT) sejak Juli hingga November mendatang yang diselenggarakan oleh Bidang Perlindungan Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim.

Pendidikan melalui SL PHT ini menurut Kepala Disbun Kaltim Hj Etnawati Usman didampingi Kepala Bidang Perlindungan, Henny Herdiyanto, sangat penting dan strategis terutama  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani karet, khususnya kemampuan dalam menangani dan pemeliharaan tanaman karet.

"SL PHT ini guna meningkatkan keterampilan dan kemampuan petani dalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif dengan hasil yang berkualitas. Karena terhindar dari gangguan hama tanaman yang bisa mengakibatkan kematian pada tanaman karet," ujar Etnawati.

Diakuinya, komoditi karet hingga saat ini masih sangat menjanjikan bagi petani untuk dikembangkan. Karena  nilai jual komoditi ini sangat tinggi serta kebutuhan pasar global yang setiap tahun semakin meningkat. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN


Artikel Terkait