Perusahaan Sawit Tingkatkan Kewaspadaan
24 Juni 2020 Admin Website Berita Daerah 105
Perusahaan Sawit Tingkatkan Kewaspadaan

SAMARINDA. Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi berkenan mengantarkan pertemuan Ngobrol Bareng GAPKI Kaltim secara virtual bertema Adaptasi dan Antisipasi Kebakaran Lahan dan Kebun (Karlabun) di Perkebunan Kelapa Sawit Provinsi Kalimantan Timur di masa pandemi Covid - 19 di Rumah Jabatan Wagub Kaltim Jalan Milono Samarinda, Rabu (24/6/2020).

Acara yang digagas Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kaltim menghadirkan pemateri Konsultan Hukum GAPKI Pusat Dr Sudino, Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad dan Sekretaris II GAPKI Kaltim/Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid PT Telen H Abdul Fatah.

Dalam kata pengantarnya, Wagub Hadi Mulyadi menyebutkan jumlah kasus positif Covid-19 di Kaltim sebanyak 447 kasus dan pasien sembuh 324 kasus, sedangkan meninggal dunia lima orang.

"Walaupun pasien positif virus corona cukup tinggi, namun angka kesembuhan mencapai 73 persen. Dan meninggal lima orang atau 1,1 persen dari 447 positif. Dari positif Covid-19 ini, Kaltim berada pada peringkat ke 17 di Indonesia," sebut Hadi Mulyadi.

Terkait kegiatan perkebunan kelapa sawit di Kaltim dengan perkembangan Covid-19, Wagub sangat berharap perusahaan kelapa sawit lebih intensif mengawasi dan bisa melakukan pemeriksaan kesehatan bagi karyawan juga pekerja di lapangan.

Terlebih diketahui kabupaten dan kota secara umum banyak perkebunan sawit tentu memiliki karyawan dan pekerja cukup besar pula. •
"Jadi perusahaan bisa menstracing dan memonitor perkembangan Covid dengan wilayah kerja atau lokasi perusahaan sawit di masing-masing daerah. Jangan sampai di perusahaan terjadi kasus positif, terlebih penularan lokal antar karyawan atau pekerja. Kewaspadaan dan kehati-hatian perlu ditingkatkan di lingkup perusahaan," ungkap Hadi.

Ngobrol secara daring berdurasi dua jam dimoderatori Pembina GAPKI Cabang Kaltim Ridwan Azmal dihadiri Ketua Umum GAPKI Kaltim Muhammadsjah Djafar diikuti ratusan peserta dari pengurus/anggota GAPKI cabang wilayah Kalimantan dan beberapa provinsi lain di luar Kalimantan.(yans/her/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait