(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Pertemuan Teknis Penyusunan Rencana Pengelolaan dan Pemantauan ANKT di Area Perkebunan Kabupaten Berau

17 Mei 2023 Admin Website Berita Daerah 1416
Pertemuan Teknis Penyusunan Rencana Pengelolaan dan Pemantauan ANKT di Area Perkebunan Kabupaten Berau

TANJUNG REDEB. Dinas Perkebunan Kaltim melalui Bidang Perkebunan Berkelanjutan menyelenggarakan Kegiatan Penyusunan Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Areal dengan Nilai Konservasi Tinggi (RPP ANKT) di Areal Perkebunan Kabupaten Berau yang dilaksanakan di Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb, Selasa (16/05) kemarin.

Kepala Dinas Perkebunan, Ahmad Muzakkir, diwakili Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda didampingi Kepala Dinas Perkebunan Berau, Lita Handini mengatakan pembangunan perkebunan di Provinsi Kaltim diharuskan memenuhi prinsip-prinsip berkelanjutan dalam menjalankan peran strategisnya dalam pembangunan ekonomi, ekologi, dan sosial.

Permintaan mengelola ANKT ini, katanya, tidak hanya datang dari luar negeri, tetapi karena kesadaran dan komitmen pemerintah daerah untuk melaksanakan pembangunan dengan menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan.

Hal ini perlu dilakukan karena pertimbangan bahwa sektor perkebunan diharapkan dapat menjadi sektor ekonomi pengganti yang saat ini masih mengandalkan sumber daya alam yang tidak terbarukan, yakni sektor pertambangan dan penggalian.

“Salah satu upaya kami dalam menuju pembangunan perkebunan berkelanjutan adalah dengan melakukan perlindungan lahan perkebunan, yakni melalui pengelolaan area bernilai konservasi tinggi di kawasan perkebunan,” kata Asmirilda. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait