Pertemuan Regional Kelapa dan Pemberdayaan Masyarakat
21 Juli 2009 Admin Website Artikel 229
#img1# "Pertemuan regional kelapa ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan upaya pembangunan perkelapaan, pemberdayaan dan pemanfaatan potensi kelapa di setiap wilayah sesuai dengan karakteristiknya pada berbagai aspek kehidupan", ujar Ketua Dewan Perkelapaan Indonesia Prof. Dr. Ir. Irawadi Djamaran MSc di Jakarta dengan Gubernur Sulsel, Paliudju baru-baru ini.

Koordinasi pembangunan perkelapaan nasional tersebut juga untuk menumbuhkan dan peningkatan perhatian serta keterlibatan berbagai pihak dalam pengembangan usaha perkelapaan di setiap wilayah serta kesamaan visi dan mensinergikan langkah pembangunan perkelapaan.

Di samping itu terciptanya komunikasi antar pelaku perkelapaan, sehingga terjadi sharing informasi, transfer teknologi, dan tukar menukar pengalaman dalam bisnis perkelapaan.


Sangat Bermanfaat
Hasil dan masukan dari kegiatan pertemuan tersebut akan sangat bermanfaat untuk pembangunan perkelapaan secara nasional. Oleh karena itu dalam pertemuan tersebut diharapkan masing-masing wilayah dapat mengidentifikasi potensi dan peluang usaha unggulan perkelapaan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Potensi perkelapaan di Indonesia, khususnya di Sulteng cukup menggembirakan namun ditemui berbagai kendala, di antaranya pada umumnya tanaman kelapa yang sudah tua. "Oleh karena itu perlu adanya peremajaan tanaman kelapa, khususnya milik rakyat agar kesejahteraan petani meningkat", kata Gubernur Sulteng Paliudju.

DIKUTIP DARI SINAR TANI, SELASA, 21 JULI 2009

Artikel Terkait