Persiapan Peringatan Hari Perkebunan ke-59 Tahun 2016
01 Desember 2016 Admin Website Berita Kedinasan 315
Persiapan Peringatan Hari Perkebunan ke-59 Tahun 2016

SAMARINDA. Hari Perkebunan Nasional ke-59 Tahun 2016 yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2016, diperingati oleh Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim dengan menggelar berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut diantaranya penanaman bibit komoditas perkebunan dan penyerahan penghargaan-penghargaan kepada individu, kelompok tani dan pihak terkait lainnya.

Demikian, disampaikan oleh Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad, pada saat rapat pembahasan penyelenggaraan Hari Perkebunan ke-59 di Ruang Hevea, Rabu (30/11) kemarin.

Adapun kegiatan penanaman bibit komoditas perkebunan, terdiri atas bibit lada, aren, kakao, kopi, kemiri sunan, kelapa sawit dan karet berlokasi di KM 41 desa Batuah, kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara. Tujuan penanaman untuk kebun induk dan koleksi kebun milik Disbun.

Sementara itu, kategori penghargaan yang akan diserahkan, antara lain kategori petani peserta PIR Swadaya terbaik, kelompok tani peserta PIR Swadaya terbaik, Alumni SL-PHT terbaik, Penangkar Benih Berprestasi, Pengembangan POME untuk EBT & Pengelola NKT terbaik, perusahaan berkinerja terbaik, pengelolaan data informasi terbaik bagi kabupaten/kota dan pegawai terbaik.

Kemudian, lanjutnya, Disbun juga akan memberikan bantuan bibit dan sarana produksi lainnya untuk kegiatan intensifikasi lada dan kakao kepada beberapa kelompok tani.

Rencananya, penyerahan penghargaan dan bantuan bibit akan dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Perkebunan Nasional ke-59 di KM 41 desa Batuah, kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara pada Sabtu, 10 Desember 2016 mendatang. Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak didampingi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi/Kabupaten dan Kota.

Turut meramaikan peringatan Hari Perkebunan ke-59 ini, digelar pula Lomba Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit terberat, talkshow, bazaar pasar murah, donor darah, kunjungan ke panti asuhan. jalan santai, lomba tumpeng dan lomba olahraga bulutangkis. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait