Peremajaan Karet 100 Hektar, Disbun Bagi Bibit Karet
24 Juli 2017 Admin Website Berita Kedinasan 305
Peremajaan Karet 100 Hektar, Disbun Bagi Bibit Karet

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Kaltim secara bertahap membagikan bibit karet guna membantu petani karet di kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara melakukan peremajaan kebunnya supaya meningkatkan produktivitas tanaman sehingga dapat mensejahterakan mereka di masa yang akan datang.

“Bantuan yang diberikan berupa 55 ribu bibit karet, 15 ribu kilogram pupuk NPK dan 100 liter fungisida akan disalurkan kepada tiga kelompok tani di kecamatan Marangkayu seluas 100 hektar,” kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad, Senin (24//07).

Kegiatan peremajaan karet seluas 100 hektar ini mendapat dukungan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang bersuymber dari Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun, Satker 05), Kementerian Pertanian.

Ujang menambahkan, Kegiatan peremajaan kebun karet rakyat di wilayah kabupaten ini, akan terus digalakkan karena akhir-akhir ini banyak kebun berisi tanaman yang sudah berusia tua sehingga kurang produktif.

"Kami berupaya mendata kebunnya yang sudah tidak produktif, sehingga dapat dimasukkan dalam program pembinaan untuk peremajaan kebun dengan bantuan Pemerintah Provinsi Kaltim maupun Kementerian Pertanian", ujarnya.

Selain itu, menurut Ujang, untuk melakukan peremajaan kebun karet rakyat, pihaknya juga berupaya memberikan pembekalan kepada petani mengenai cara mengoptimalkan hasil kebun karet serta menghindari serangan hama atau tanaman pengganggu. (rey/disbun)


SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN KOMODITI

Artikel Terkait