Penutupan SL PHT Lada Murni di Loa Janan
25 Juli 2011 Admin Website Artikel 242

TENGGARONG. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur yang dikelola oleh Bidang Perlindungan telah melaksanakan acara Penutupan SL PHT Lada Murni di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jumat (22/7) kemarin.

Acara yang telah dibuka sejak bulan April lalu ini, ddiikuti 50 orang petani dari 2 kelompok tani, yaitu kelompok tani Beringin Jaya dan kelompok tani Mario dari Kecamatan Loa Janan KM 28, Kabupaten Kutai Kartanegara. "Kegiatan telah dimulai sejak bulan April yang lalu, sebanyak 16 kali pertemuan/Pengetahuan yang diberikan adalah secara garis besar. Teori hanya sepintas, yang lebih banyak praktek,” kata Ir. Bambang F. Fallah, Kepala Bidang Perlindungan dalam sambutannya.

SL-PHT, lanjutnya, lebih difokuskan pada cara-cara atau upaya pengendalian hama dan penyakit. Disadari, penurunan produksi lada selama ini lebih diakibatkan karena adanya gangguan organisme pengganggu. hingga kini masih menghantui petani. Upaya pengendalian hama tersebut sangat sulit.

Namun begitu, melalui SL-PHT, sedikit banyaknya akan menolong petani dalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif lagi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pun meningkat dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan ini.

Acara ditutup langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara, yang dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan bingkisan kenang – kenangan kepada para peserta yang telah berperan aktif selama pelaksanaan pelatihan. (rey)

 

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN


Artikel Terkait