(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Penguatan Kelembagaan Petani Lada Melalui Dinamika Kelompok

10 September 2019 Admin Website Berita Daerah 2327
Penguatan Kelembagaan Petani Lada Melalui Dinamika Kelompok

SAMARINDA. Dalam upaya penguatan kelembagaan petani khususnya petani pekebun, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melaksanakan kegiatan Dinamika Kelompok Tani yang melibat petani lada di dua kecamatan di Kutai Kartanegara, yakni Muara Badak dan Muara Kaman. Kegiatan ini dilakukan, karena pada umumnya yaitu permasalahan manajemen pengelolaan kelompok tani (poktan) yang kurang baik dan tidak tepat sasaran.

Kepala Disbun diwakili Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Bambang Fajrul Fallah mengatakan bahwa Dinamika Kelompok merupakan salah satu upaya Disbun Kaltim dalam hal penguatan kelembagaan. Selama ini banyak poktan hanya berdasarkan kegiatan swadaya masyarakat saja, namun dengan pembinaan yang dilakukan oleh Disbun, poktan  tersebut akan bisa lebih maju.

"Pelatihan Dinamika Kelompok merupakan salah satu upaya kami dalam memperkuat kelembagaan petani pekebun. Banyak poktan yang tidak sehat karena kurang adanya pembinaan," ujar Bambang, Senin (09/09) kemarin.

Pada tahap ini, Bambang menerangkan, Disbun memfokuskan kegiatan pada Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan/Dinamika Kelompok yang diikuti sebanyak 60 orang peserta dari 1 kelompok tani di kecamatan Muara Badak dan 1 kelompok tani dari kecamatan Muara Kaman, Kukar

"Dengan adanya kegiatan dinamika kelompok ini, diharapkan kelompok tani tersebut akan semakin kuat dan berkembang. Wawasan pemahaman dan penghayatannya dalam hal pengelolaan kelompok tani melalui sistem kebersamaan ekonomi berdasarkan manajemen kemitraan," ungkap Bambang lagi. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN

Artikel Terkait