Penas KTNA, PPU Kirim 125 Petani Terbaik
26 Februari 2011 Admin Website Artikel 362

PENAJAM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara akan mengirim 125 petani pada Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XIII yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kutai Kartanegara, 18-23 Juni 2011 mendatang.

”Ke-125 orang itu merupakan hasil seleksi petani terbaik yang dipilih oleh KTNA Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Penajam Paser Utara Andi Trasodiharto, kemarin.

Dikatakannya, melalui hasil seleksi tersebut, pihaknya memilih 125 petani untuk mewakili petani Penajam Paser Utara dalam mengikuti Penas yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dia menambahkan peserta yang akan diikutkan tersebut antara lain petani kebun, kehutanan, tanaman pangan, perikanan, dan peternakan yang melakukan kegiatan pertanian dan dianggap berhasil. ”Kita sudah melakukan persiapan untuk peserta dalam rangka mengikuti ajang bergengsi tingkat nasional itu,” kata Andi Trasodiharto.

Sementara dalam kegiatan tersebut juga, pihaknya mengharapkan kepada peserta dapat meningkatkan kemampuan, kemudian bisa melihat sumber daya alam daerah lain, sehingga membawa manfaat yang bisa diterapkan dan dikembangkan di Penajam Paser Utara.

”Karena dengan kegiatan tersebut peserta dapat melihat kondisi daerah lain, yang merupakan contoh untuk perkembangan perekonomian di daerah. Kita mengharapkan dengan kepulangan peserta nanti dapat menambah ilmu bagi mereka, kemudian dapat dilaksanakan dan disampaikan kepada petani lain, sehingga program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahtraan masyarakat dapat tercapai,” ujarnya.

Selain itu, dari banyaknya potensi yang ada di Penajam Paser Utara,  penyuluh pertanian selalu melakukan pemantauan dan pembinaan kepada petani, yang berguna untuk peningkatan hasil tani yang merupakan hasil utama masyarakat, terutama daerah pantai atau pedalaman lainnya.

”Kami selalu berkoordinasi dengan dinas terkait dalam rangka peningkatan petani di Penajam Paser Utara, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Ditanya mengenai kesiapan dan pemberangkatan peserta, Andi Trasodiharto mengatakan dalam Penas nanti pihaknya memberikan masukan terutama peserta yang ikut, dan untuk pemberangkatan peserta dari Penajam Paser Utara dijadwalkan pada H–2 dari waktu pelaksanaan 

”Rencananya peserta Penas ini akan dilepas Bupati Andi Harahap sekaligus akan memberikan arahan agar peserta dapat menjalankan tugas sebagai utusan daerah, terutama dalam hal menambah ilmu pengetahuan pertanian,” katanya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 26 PEBRUARI 2011

Artikel Terkait