Pemkab Dukung Investor Kelapa Sawit
24 November 2011 Admin Website Artikel 230

PENANAMAN perdana bibit kelapa sawit di lahan PT Tritunggal Sentra Buana (TSB) dengan luas 200 hektare dilakukan secara simbolis Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari di Desa Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak, Selasa (22/11).

Direktur PT TSB Gani mengatakan lahan untuk perkebunan  kelapa sawit perusahaanya itu  berada di 3 desa di Kecamatan Muara Badak. “Yaitu Desa Saliki, Desa Muara Badak Ulu dan Desa Selopalai,” ujarnya. Jika perkebunan sawit ini berkembang, pihaknya akan membangun pabrik pengolahan kelapa sawit secara terpadu.

Dikatakan pihaknya juga menggandeng masyarakat di tiga desa yang menjadi lokasi perkebunan sawit PT TSB. “Dengan cara kemitraan yaitu mengaplikasikan perkebunan plasma dan inti,” katanya. 

Sementara Bupati Rita Widyasari mengharapkan PT TSB konsisten dalam usaha perkebunan sawit. Karena melalui usaha ini selain memberi keuntungan bagi perusahaan juga mampu memberdayakan ekonomi kerakyatan serta menambah devisa negara.

“Terutama warga yang ada di sekitar lahan kebun sawit ini,” ujarnya. Ditambahkan Rita, prospek komoditas kelapa sawit sangat bagus. Oleh sebab itu Pemkab Kukar mendukung sepenuhnya investor yang ingin berkiprah dalam usaha ini. Karena produk kelapa sawit memiliki nilai jual yang tinggi sekaligus diproyeksikan bakal menjadi bahan bakar alternatif kendaraan bermotor  yang bebas polusi.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 24 NOPEMBER 2011


Artikel Terkait