Pemerintah Tambah 300.000 Ha Perkebunan Tebu Baru
19 Januari 2010 Admin Website Artikel 353
#img2# Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat saat pembukaan Seminar dan Peluncuran Turbin Produksi PT Nusantara Turbin Dan Propulsi (NTP) di Bandung, Senin (18/1/2010), mengatakan, kapasitas giling setiap pabrik gula baru itu sekitar 6.000-15.000 ton cane per day.

Penambahan lahan dilakukan seiring dengan langkah pemerintah untuk mempertahankan perkebunan tebu yang ada saat ini seluas 436.000 ha. Kebijakan itu termasuk dalam empat langkah penting yang harus dilaksanakan agar revitalisasi industri gula dapat terwujud.

Langkah kedua yakni menyiapkan infrastruktur perkebunan tebu berupa jalan, jembatan, dan irigasi, terutama untuk pembangunan pabrik gula di luar jawa. Hidayat mengatakan, langkah ketiga yakni pemberian insentif.


Bentuknya berupa keringanan atau pembebasan pajak penghasilan, bea masuk, dan subsidi bunga untuk meningkatkan minat pabrik gula yang ada, katanya. Insentif juga diterapkan untuk investor yang menanamkan modalnya di perkebunan tebu dan pembangunan pabrik gula baru.


"Adapun langkah keempat yaitu revitalisasi industri permesinan dalam negeri agar mampu mendukung pabrik gula yang ada dan baru nanti," kata Hidayat.

DIKUTIP DARI KOMPAS, SENIN, 18 JANUARI 2010

Artikel Terkait