(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Pelatihan Perbanyakan Agens Pengendali Hayati Bagi Petani

09 Juni 2023 Admin Website Berita Daerah 986
Pelatihan Perbanyakan Agens Pengendali Hayati Bagi Petani

SEKOLAQ DARAT. UPTD Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Pelatihan Perbanyakan Agens Pengendali Hayati di Kampung Sekolaq  Kecamatan Sekolaq Darat Kabupaten Kutai Barat, Kamis (8/6) kemarin.

Peserta berasal dari Petugas Bregade Protensi Tanaman (BPT) dan Regu Pengendali OPT (RPO) yang berada di Kabupaten Kutai Barat.

Teknik pengendalian hayati dengan memanfaatkan agens hayati menjadi alternative untuk mengendalikan OPT pada tanaman budidaya.

Kepala Dinas Perkebunan, Ahmad Muzakkir, diwakili Kepala UPTD P2TP, Sopian mengatakan kegiatan pelatihan perbanyakan agens Pengendali Hayati adalah meningkatkan efektifitas agens hayati di tingkat lapangan dan sosialisasi kepada petani.

Agens pengendali hayati digunakan membasmi/mengendalikan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) dalam proses produksi, pengolahan hasil pertanian dan berbagai keperluannya.

Selain itu, pelatihan perbanyakan agens pengendali hayati diharapan petani mampu memperbanyak dan mengaplikasikan APH secara mandiri di tingkat petani.

Dengan begitu petani dapat menyediakan bahan pengendali yang ramah lingkungan untuk pencegahan secara dini serangan OPT pada tanaman perkebunan.

Perkebunan yang berkelanjutan tanpa ada daya dukung tindakan nyata dari petani maka akan mustahil bisa mendapatkan hasil yang maksimal. (Disbun/Prb/ty).

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait