Pasca Penas, Mentan Minta Demplot Jadi Pusat Pelatihan
17 Mei 2011 Admin Website Artikel 331
TENGGARONG - Menteri Pertanian (Mentan) RI Suswono menyarankan setelah Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Juni nanti berakhir, demonstration plot (demplot) yang dipakai untuk menampilkan beberapa tanaman dan ternak unggulan pertanian dalam arti luas saat Penas KTNA dijadikan pusat pelatihan pertanian.

“Saya harap pasca Penas KTNA, demplot ini bisa dijadikan semacam balai latihan bagi para petani," ujarnya usai meninjau demplot Penas di samping GOR Aji Imbut Tenggarong Seberang, beberapa waktu lalu.

Demplot seluas 25 hektare yang awalnya lahan tak produktif, setelah tersentuh dengan teknologi yang dibimbing oleh Badan Penelitian Pengembangan Pertanian kini menjadi areal percontohan produk unggulan pertanian dalam arti luas yang optimal. Suswono mengatakan, jika demplot itu dijadikan pusat pelatihan bisa dimanfaatkan bagi petani, termasuk petani dari daerah lain.

"Produk unggulan dan teknologi baru pertanian dalam arti luas sudah tergambar di sini (demplot, Red.), sehingga sangat cocok dijadikan pusat pelatihan. Dengan adanya pusat pelatihan itu katanya, diharapkan bisa menjadi tonggak kemajuan usaha pertanian dalam arti luas, khususnya di Kukar dan Kaltim.

Suswono  Rabu (11/5) lalu meninjau meninjau lokasi penyelenggaraan Penas KTNA XIII yang digelar pada 18-23 Juni di Gelanggang Olahraga (GOR) Aji Imbut, Tenggarong Seberang. Rabu (11/5) pagi kemarin. Saat kunjungan itu, Suswono didampingi Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy, Bupati Kukar Rita Widyasari, Ketua KTNA pusat Winarno Tohir dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kukar dan Pemprov Kaltim.

Kunjungan dimulai di Gedung Bela Diri dengan kapasitas 1.500 peserta yang akan digunakan untuk acara temu wicara petani-nelayan dengan Presiden RI. Selanjutnya rombongan bergerak ke Stadion Madya Aji Imbut yang akan digunakan untuk acara pembukaan Penas oleh Presiden RI. Kemudian Suswono mengakhiri peninjauan dengan berkeliling di demplot/display sepanjang 1,2 km untuk menampilkan beberapa tanaman dan ternak unggulan pertanian dalam arti luas terletak tak jauh dari GOR Aji Imbut. Demplot ini seluas 25 hektare.

"Secara keseluruhan tuan rumah (Kukar, Red) sangat siap. Sesuai yang sudah saya lihat sendiri kesiapannya sudah mencapai 90 persen," ujarnya saat ditemui di pengujung peninjauan demplot Penas. Hanya saja panitia Penas daerah diminta Suswono membenahi kekurangannya yaitu jalan demplot yang belum rampung.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SELASA, 17 MEI 2011

Artikel Terkait