Pancajaya Tangkar Bibit Karet
16 Juli 2009 Admin Website Artikel 323
Menurut Sjachruddin, sektor pertanian berperan dalam penyediaan lapangan usaha dan salah prioritas pembangunan.

"Kukar memiliki potensi cukup besar dalam pengembangan bidang pertanian terutama sub sektor perkebunan. Masih luasnya lahan yang dimiliki, maka tanaman perkebunan memiliki prospek masa depan yang baik di Kukar," tegasnya.

#img1# Selama ini, menurutnya, petani karet di Kukar masih mendatangkan bibit tanaman karet dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Untuk itu dengan adanya kelompok tani Desa Pancajaya, maka para petani tidak perlu jauh mendatangkan bibit karet, karena sudah disediakan di Pancajaya dengan hasil olahan para kelompok tani tersebut.

Sementara Dr Ir Krisna Purnawan Candra MS dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda yang turut hadir dalam acara penangkaran bibit karet mengaku siap membantu kelompok tani Bina Manunggal mulai dari penanaman, pemeliharaan, dan yang paling penting pemasarannya.

"Harapannya ke depan agar dapat menjadi petani yang mempunyai perencanaan, pembudidayaan bibit yang berkualitas hingga menjadi pesaing di pasaran," katanya. Acara diakhiri dialog antara masyarakat di Kecamatan Muara Kaman dengan Sjachruddin seputar lapangan usaha pertanian, perkebunan, dan perikanan.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 16 JULI 2009

Artikel Terkait